Wali Kota Palu Sebut Pengusaha Galian C Tidak Beromitmen Atasi Jalan Rusak dan Polusi

PALU,CS – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid melakukan pertemuan dengan sejumlah pengusaha pertambangan Galian C, Senin 1 Juli 2024 di ruang rapat Bantaya, Kota Palu.

Dalam pengantarnya, wali kota mengatakan pertemuan kali ini untuk menindaklanjuti situasi dan kondisi terakhir pasca hujan yang melanda Kota Palu dua hari terakhir yang mengakibatkan beberapa wilayah terdampak, termasuk di sekitaran area Galian C.

“Walaupun kondisinya tidak sama dengan kondisi dari dampak hujan deras tahun 2022 lalu, tetapi melihat kondisi ini, tentunya sudah harus memikirkan langkah-langkah. Itu pertama,” kata wali kota.

Kemudian isu lingkungan yang dua bulan terakhir ini menjadi sorotan yang cukup besar di tengah masyarakat. Adapun isu lingkungan yang jadi sorotan masyarakat, kata wali kota, pertama masalah dampak polusi udara. Kemudian kedua, jalanan yang rusak akibat pemanfaatan ruang jalan oleh mitra usaha tambang di Kota Palu.

“Walaupun itu jalan milik nasional, dalam hal ini BPJN. Tetapi Pemerintah Kota Palu memiliki semua ruang yang ada di Kota Palu dan bertanggungjawab atas semua hal itu. Kalau tidak nyaman, maka kami akan melakukan langkah-langkah,” ungkap wali kota.

Baca Juga :  Terlibat Tawuran Karena Futsal, Mahasiswa Teknik Sipil dan Teknik Mesin Untad Berdamai

Berkaitan dengan polusi udara, wali kota menekankan agar para mitra usaha tambang Galian C, harus secepatnya menanggulangi masalah tersebut.

Kemudian berkaitan dengan permasalahan jalan, wali kota kembali menekankan komitmen yang telah dibangun antara pihak perusahaan dan Pemerintah Kota Palu di tahun 2022 lalu, terhadap jalanan rusak dan dampak polusi yang ditimbulkan.

Menurut wali kota, sudah hampir 1,5 tahun, dari tahun 2022 hingga Juni 2024 Kali ini, pihak perusahaan belum juga melakukan tindakan atas komitmen tersebut.

“Sudah saya kasih waktu satu tahun untuk kemudian diperhatikan hal ini, tapi teman-teman tambang tidak lakukan itu,” ujar wali kota mengungkapkan kekesalannya.

Wali kota mengancam, apabila perusahaan tambang tidak juga mengambil tindakan dalam waktu tiga bulan kedepan, maka pihaknya tidak akan mengeluarkan berita acara tentang pengukuran pertambangan.

“Memang Pemerintah Kota Palu tidak bisa mencabut IUP-nya komiu. Tapi inilah yang bisa dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu. Kalau dalam waktu tiga bulan tidak diselesaikan, maka seluruh aktivitas pemerintah sekaitan dengan pengukuran pertambangan, itu hentikan. Maka, itu akan jadi dasar pihak Syahbandar dan lainnnya tidak akan melakukan izin pelayaran,” tegas wali kota.

Baca Juga :  Main Tebang Papan Reklame Tak Pakai Prosedur, Pemkot Palu Dinilai Serampangan

Olehnya, wali kota meminta apa yang sudah menjadi komitmen terhadap jalanan rusak dan dampak polusi yang ditimbulkan, harus dikerjakan oleh pihak perusahaan tambang.

“Mungkin teman-teman tambang ini berpikir saya tidak akan lakukan langkah yang keras. Komiu dapatlah keras saya hari ini kalau itu yang komiu mau. Saya tidak takut kehilangan PAD dari tambang. Jangan mentang-mentang Pemerintah Kota Palu diam-diam saja urusan ini, bapak-bapak tidak memperhatikan,” tekan wali kota.

Di samping itu, wali kota juga kesal, rapat hari ini yang mengundang masing-masing direktur perusahaan tambang, justru mereka tidak datang. Olehnya, wali kota menekankan agar pihak perusahaan menghadirkan direkturnya esok lusa, Rabu 3 Juli 2024 dengan membawa akta pendirian masing-masing.

Baca Juga :  SAKIP Pemkot Palu Raih Predikat B

“Kalau direkturnya tidak datang, saya stop betul ini berita acara. Saya kasih waktu hingga Rabu jam 12.00. Direkturnya bertemu langsung dengan saya. Mulai hari ini, saya tidak keluarkan berita acara pengukuran pertambangan itu. Sudah cukup waktu satu tahun lebih. Tiga bulan harus menyelesaikan itu,” tegas wali kota.

Wali kota juga menegaskan, agar pihak perusahaan juga memperhatikan dampak lainnya. Jangan sampai dampaknya lebih besar dibanding jalanan rusak maupun polusi udara yang ditimbulkan.

“Jangan sampai komiu ba keruk-keruk, komiu tidak pikir. Masih ada pemukiman yang ada di bawah. Jangan komiu tidak memperhatikan hal-hal lain seperti air bersih. Jangan. Kalau tidak diperhatikan yang susah siapa. Kalau kita mau berusaha dengan tenang, kita juga harus memperhatikan hal-hal yang menjadi kewajiban kita,” kata wali kota.

Rapat yang juga dihadiri oleh pihak BPJN tersebut akan dilanjutkan esok lusa, Rabu mendatang, dengan menghadirkan masing-masing direktur perusahaan tambang Galian C di Kota Palu (**)

Pos terkait