Pemdes Dimpalon Baru Gandeng LSM GAM Bersihkan Pantai dan Tanam Pohon Pelindung

BANGGAI, CS – Dalam upaya menjaga pelestarian lingkungan pesisir pantai agar terhindar dari kerumunan sampah, Pemerintah Desa Dimpalon Baru menggelar bakti sosial bersih pantai dan penanaman pohon pelindung, Kamis 21 Juli 2023.

Kegiatan baksos tersebut melibatkan Pemerintah Kecamatan Kintom, Kepolisian Sektor Kintom, LSM Gabungan Aktivis Manthailobo (GAM) Kabupaten Banggai, dan diikuti Kepala Desa Dimpalon, Solan Baru, serta puluhan warga desa setempat.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Dimpalon Baru, Mawardi Mustari, kepada media mengatakan, sebagai pemerintah desa, ia memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan bakti sosial ini.

Yang mana kata Mawardi, kegiatan bakti sosial ini merupakan inisiatif dari kelompok pemuda desa Dimpalon Baru yang sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan pesisir pantai Hako.

Baca Juga :  Kebijakan Populis 3 Tahun AT-FM Pimpin Banggai Dongkrak Pembangunan Pedesaan

Dalam perencanaannya, Mawardi menjelaskan jika pantai Hako ini merupakan salah satu potensi untuk dijadikan destinasi wisata lokal yang dapat bernilai usaha, sehingga mampu mendukung dan mendorong ekonomi masyarakat setempat.

Dalam kesempatannya, Camat Kecamatan Kintom, Amrizal Latif mengatakan, kami atas pemerintah kecamatan memberikan apresiasi adanya kegiatan penghijauan ini. Sebagai Camat, ia sangat mendukung rencana Kepala Desa Dimpalon Baru, untuk menjadikan pesisir pantai Hako sebagai lokasi wisata.

“Kami akan berupaya mendukung dan memberikan support untuk menjadikan kawasan ini sebagai salah satu ikon wisata lokal yang ada di Kecamatan Kintom,” ujarnya.

Camat menambahkan, jika nantinya program ini bisa terlaksana dengan baik, maka akan sangat berdampak langsung kepada masyarakat setempat dalam meningkatkan ekonomi.

Baca Juga :  Wujudkan Program SJSP, Pemdes Dimpalon Baru Salurkan Bantuan Ratusan Pohon Bibit Pala dan Durian

Untuk mewujudkan rencana tersebut dan bisa menarik pengunjung kata Camat, pihaknya akan bersama-sama pemerintah desa melakukan penataan tempat wisata.
Sebab, penataan ini sangat perlu dilakukan agar kawasan wisata bisa terjaga keindahannya dan terbebas dari sampah.

Hanya yang menjadi kendala berkaitan dengan rencana menjadi tempat wisata, Camat juga menyampaikan akan membantu pemerintah desa untuk peminjaman lokasi. Sebab, lokasi tersebut bukanlah milik desa.

“Kami pemerintah kecamatan dan pemerintah desa dimpalon baru, akan menyiapkan administrasi peminjaman lokasi.

Selain itu, karena lokasinya berada diantara dua desa yakni desa dimpalon baru dan desa solan, maka kami juga akan berupaya untuk segera menetapkan tapal batas, agar ketika penataan pantai wisata telah dilaksanakan, maka tidak ada lagi sengketa tapal batas.

Baca Juga :  Camat Pagimana Gandeng LSM GAM Tanam Ratusan Pohon Pelindung

Kapolsek Kintom, Laata, SH, diawal kesempatannya mengungkapkan apresiasi kepada semua pihak termasuk LSM GAM Kabu yang sudah membantu terlaksananya kegiatan bakti sosial penghijauan penanaman pohon ketapang kencana.

Berkaitan dengan adanya rencana penataan lokasi wisata tersebut, mantan Kabag Ops Polres Banggai itu, kami dari kepolisian akan bersinergi dalam membantu pemerintah dalam melakukan penertiban dan penataan lokasi wisata ini.

Diakhir ia berharap, agar semua pihak yang hadir, dapat menjaga bersama keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah kecamatan kintom, termasuk segera melakukan penertiban ternak yang sampai saat ini masih saja berkeliaran secara bebas yang bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. (AMLIN)

Pos terkait