Kembali Beraktifitas, Bupati Tolitoli Lantik 4 Penjabat Kepala Desa

Bupati Tolitoli Amran H Yahya melantik dan menyumpah empat penjabat Kepala Desa dari Kecamatan Dondo dan Dampalu Utara, Selasa 3 Oktober 2023 di Balai Desa Banagan (Foto:Dok Humas Sekretariat Daerah Tolitoli)

TOLITOLI,CS – Bupati Tolitoli Amran H Yahya akhirnya beraktifitas seperti sedia kala setelah sempat mendapat perawatan medis secara insentif beberapa waktu lalu. Selasa 3 Oktober 2023, Bupati melantik empat penjabat Kepala Desa (Kades) dari dua kecamatan yakni Kecamatan Dondo dan Kecamatan Dampal Utara

Di Balai Desa Banangan Kecamatan Dampal Utara, empat Kades masing-masing Kades Banagan, Kades Pangkung dan Kades Lobuo Kecamatan Dampal Utara dan Kades Ogogasang Kecamatan Dondo dilantik secara bersamaan. Mereka juga diambil sumpah jabatannya.

Sejumlah pejabat yang ikut mendapingi Bupati dalam pelantikan itu masing-masing diketahui adalah Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Tolitoli, kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah serta dua Camat Dondo dan Dampal Utara.

Baca Juga :  Jelang Ramadhan, BPBD -TNI Bersih-Bersih Halaman Masjid Agung Tolitoli

Bupati Tolitoli Amran Yahya, usai pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan tersebut berpesan sejumlah hal kepada 4 penjabat Kades. Pertama kata dia bahwa pada dasarnya Kades mempunyai tugas pokok, fungsi dan wewenang yang sama dengan Bupati ,Gubernur dan Presiden. Yang tugas utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, melaksanakan kehidupan demokrasi serta mentaati dan menegakkan seluruh peraturan perundang-undangan.

Dalam cuaca yang teduh, proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berakhir dengan tertib. Warga yang mengikuti jalannya pelantikan hingga selesai lantas meminta Amran H Yahya untuk tampil bernyanyi. Seakan ingin memperlihatkan dirinya memang benar-benar telah sehat, Bupati mengamini permintaan itu.

Baca Juga :  Nando Bomag Tolitoli Keok di Tangan Junischo, Ini Kata Bupati dan Kapolres

Warga yang hanyut dalam gelombang suka cita pelantikan itu pun ikut merasakan kebahagiaan. Sebuah lagu dangdut berjudul tak berdaya ciptaan Junaidi Syam tahun 1979 melantun dengan standar suara pria dari Bupati Amran. Musiknya mengalun pelan bersama irama semilir angin dari selah pepohonan.

Desa Banagan memang berada di pesisir pantai. Dari arah Desa Ogotua, ibukota Kecamatan Dampal Utara, desa ini ditempuh dengan jarak kurang lebih 30 km arah Timur. Desa Banagan merupakan Desa yang pertama ditemui saat memasuki wilayah Kecamatan Dampal Utara. Di Desa ini terdapat sebuah pelabuhan tua peninggalan penjajah Belanda (Armen Djaru)

Pos terkait