Permudah Akses Informasi Penyedia dan Jasa Konstruksi, PUPR Luncurkan Inovasi Aplikasi SIDAPEKON

Peluncuran Sistem Informasi Data Persiapan Penyelenggaraan Jasa Konstruksi Terintegrasi (Foto : channelsulawesi.id)

BANGGAI, CS – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banggai kembali meluncur Inovasi. Terobosan Website SIDAPEKON (Sistem Informasi Data Persiapan Penyelenggaraan Jasa Konstruksi Terintegrasi), merupakan bagian dari aksi perubahan kerja reformer.

Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi Dinas PUPR Banggai, Sukri Karim, ST.,MT.,kepada media, Rabu 4 September 2024, menjelaskan bahwa peluncur aplikasi tersebut sangat diperlukan sebagai media untuk menghimpun informasi dan menyediakan data terkait jasa konstruksi.

Bacaan Lainnya

Dalam website tersebut, akan terlihat data-data sub klasifikasi badan usaha yang terdapat di Kabupaten Banggai.
Data inilah dapat digunakan pejabat pengadaan, pejabat pembuat komitmen, maupun pihak lain yang membutuhkan informasi Badan Usaha yang memiliki sub klasifikasi yang dibutuhkan.

Baca Juga :  PT. TSU Diduga Tak Punya Amdal Ubah Aliran Sungai Desa Teku untuk Bangun Pabrik Sirtu

Selain itu, dalam website juga terdapat informasi berkaitan dengan tenaga Kerja Konstruksi di Kabupaten Banggai yang memiliki sertifikat kompetensi. Dengan keberadaan website SIDAPEKON tersebut, maka kita tidak perlu repot untuk mendapatkan informasi pengguna jasa maupun penyedia jasa yang membutuhkan tenaga kerja.

“Dengan hadirnya website ini lebih mempermudah dalam mencari badan usaha yang terdapat di Kabupaten Banggai,” jelas Sukri.

Peluncuran aplikasi SIDAPEKON ini sejalan dengan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Jasa Konstruksi Nomor 2 Tahun 2017 Pasal 70 bahwa setiap pekerja konstruksi yang bekerja disektor konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja.

Baca Juga :  Kabupaten Banggai Capai Kemajuan Signifikan di Bawah Kepemimpinan Amirudin dan Furqanuddin, APBD Naik Desa Tertinggal “Hilang”

Sukri menjelaskan bahwa tujuan utama dari project aplikasi SIDAPEKON adalah untuk menciptakan sebuah sistem informasi yang terintegrasi guna meningkatkan efisiensi, transparansi dan akuntabilitas dalam proses persiapan dan pelaksanaan jasa konstruksi di Kabupaten Banggai.

Kata Sukri, membangun Sistem Informasi Data Persiapan Penyelenggaraan Jasa Konstruksi Terintegrasi pada Dinas PUPR Kabupaten Banggai, merupakan langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi, transparansi dan kualitas dalam pengelolaan proyek konstruksi.

“Dengan sistem yang terintegrasi, diharapkan Kabupaten Banggai dapat menghadirkan infrastruktur yang lebih baik dan berkelanjutan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” tutupnya.

Baca Juga :  PUPR Banggai Maksimalkan Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI Warukiri Masama

Mengenai peluncuran inovasi tersebut  Bupati Banggai, Amirudin, melalui tayangan virio ia memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap implementasi aksi perubahan kinerja organisasi yang dilaksanakan Sukri Karim, sebagai peserta pelatihan kepemimpinan administrator Angkatan XVIII tahun 2024.

Bupati Amirudin, berharap aksi tersebut dapat meningkatkan kinerja organisasi khususnya capaian kinerja pada Bidang Bina Jasa Kontruksi dan Dinas PUPR Banggai, yang saat ini dipimpin Dewa Supatriagama, sebagai pelaksana tugas kepala dinas.

Adapun judul yang dimunculkan saat mengikuti pelatihan tersebut, Sukri mengangkat judul Sistem Informasi Data Persiapan Penyelenggaraan Jasa Konstruksi Terintegrasi pada Dinas PUPR Kabupaten Banggai.(AMLIN)

Pos terkait