15 Maret, Jalur SBMPTN 2021 Dibuka

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Lukman, M.Hum, (tengah) didampingi Koordinator Pelaksana UTBK Untad 2021, Yutdam Mudin, S.Si., M.Si, (kanan) pada konferensi pers SBMPTN/UTBK 2021, di Gedung Rektorat Untad, Jumat (12/03). (FOTO : IST)

PALU, CS –  Pendaftaran jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di buka mulai Senin 15 Maret hingga 1 April 2021.

Demikian dikatakan Wakil Rektor bidang Akademik, Dr. Lukman, M.Hum, didampingi Koordinator Pelaksana UTBK Untad 2021, Yutdam Mudin, S.Si., M.Si, pada konferensi pers SBMPTN/UTBK 2021, Jumat (12/03), di Gedung Rektorat Untad.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Prof. Amar Resmi Jabat Rektor Untad Periode 2023-2027

Dr. Lukman menjelaskan, sebelum mendaftar UTBK, para pendaftar terlebih dahulu membuat akun di laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pada 7 Februari hingga 12 Maret. Untuk para pendaftar UTBK yang sebelumnya telah mendaftar SNMPTN, diimbau untuk mendaftar setelah pengumuman hasil SNMPTN, pada 22 Maret mendatang.

“Hal ini karena para peserta SNMPTN yang sudah dinyatakan lolos, tidak dapat lagi mendaftar UTBK,” ujarnya.

Lanjut Dr. Lukman, proses tes UTBK sendiri akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada 12-18 April, sedangkan gelombang kedua, dilaksanakan pada 26 April – 2 Mei.

Baca Juga :  Baznas Sulteng Sosialisasi ZIS di Untad

“Pelaksanaan UTBK akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, secara ketat,” ujarnya.

Menurut Dr. Lukman, pelaksanaan tes UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Pilihan ujian sendiri terdiri dari tes sains dan teknologi, sosial dan humaniora, serta campuran.

Dr. Lukman mengimbau kepada peserta UTBK yang memilih perguruan tinggi di luar Sulteng, agar tetap memilih lokasi ujian di Untad, dengan pertimbangan protokol kesehatan.

Untuk SBMPTN/UTBK, pihak Untad sebelumnya telah menetapkan kuota sebanyak 4036 orang atau 46 persen dari total kuota yakni 8720 orang.

Baca Juga :  Kajari Banggai Terima Penghargaan dari Irjen Kemenkumham RI

Adapun  hasil UTBK, akan diumumkan pada 14 Juni mendatang. (YM)

 

Pos terkait