Jasa Raharja dan ASDP Gerak Cepat Tangani Korban Minibus yang Terjun ke Laut

Pihak Jasa Raharja dan ASDP sebelum penyerahan santunan kepada korban minibus yang terjatuh ke laut, di dermaga 2 Pelabuhan Penyeberangan Merak. (FOTO : dok Humas Jasa Raharja)

JAKARTA, CS  – Jasa Raharja menjamin seluruh korban kendaraan jenis minibus yang terjatuh ke laut saat proses muat di sideramp dermaga 2 Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten, Jumat, 23 Desember 2022 lalu.

Direktur Operasional Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana, mengatakan, seluruh korban yang berada dalam kendaraan tersebut, terjamin oleh Undang-Undang No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang.

Bacaan Lainnya

“Sesuai Peraturan Menteri Keuangan RI No.15 Tahun 2017, kami menjamin biaya perawatan korban di rumah sakit sampai dengan maksimal Rp20 juta,” ujar Dewi merilis dari Jakarta, Selasa 26 Desember 2022.

Baca Juga :  Pasca Pendaftaran Capres-Cawapres, Pengamat : Prabowo Galau Tentukan Pendamping

Dewi menyampaikan, sesaat setelah mendapat informasi kecelakaan dari pihak ASDP, Jasa Raharja langsung merespon cepat dengan melakukan pendataan korban dan memberikan jaminan perawatan kepada rumah sakit tempat korban dirawat.

“Sebagai informasi, bahwa sesuai ketentuan yang ada, Jasa Raharja menjamin seluruh penumpang kapal penyeberangan ferry ASDP, mulai naik dari tempat pemberangkatan sampai turun di tempat tujuan,” ujarnya.

Atas kejadian tersebut, Dewi menyampaikan prihatin kepada para korban.

“Semoga para korban segera dipulihkan seperti sedia kala,” ungkapnya.

Dia menuturkan, insiden kendaraan yang terjatuh ke laut, terjadi saat KMP Shalem tengah melakukan proses pemuatan. Ketika itu, terjadi pergerakan kapal sehingga kendaraan yang tepat berada di lidah sideramp terjatuh ke laut.

Baca Juga :  Masyarakat Diajak Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Sesaat setelah kejadian, pihak ASDP bersama dengan Basarnas serta Polairud, langsung melakukan evakuasi dan berhasil menyelamatkan dua orang penumpang beserta kendaraan tersebut. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Direktur Komersial dan Pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), M. Yusuf Hadi turut menyampaikan prihatin kepada para korban yang telah dievakuasi selamat oleh tim gabungan, dan kiranya dengan perawatan yang diberikan oleh pihak rumah sakit dapat segera pulih.

“Pada Jumat 24 Desember, tim ASDP juga telah melakukan kunjungan langsung kepada korban di rumah sakit. ASDP berkomitmen terhadap aspek keselamatan. Kami mohon  maaf atas kekurangan dalam pelayanan yang diberikan, kami akan terus berupaya memperbaiki dan terus meningkatkan kualitas layanan ASDP kepada pengguna jasa,” tutur Yusuf Hadi.

Baca Juga :  Liga TopSkor U-18 Nasional, Garuda Kabonena Susul Rauf Junior ke Semi Final

Dan untuk meringankan beban korban, ASDP pada Senin 26 Desember 2022 turut menyerahkan bantuan santunan kepada korban senilai Rp20 juta, yang akan disampaikan oleh Direktur SDM dan Layanan Korporasi, Wahyu Wibowo.

ASDP kembali mengingatkan kepada pengguna jasa yang membeli tiket online Ferizy, agar mengisi daftar penumpang yang berada di dalam kendaraan secara tepat dan lengkap, termasuk data kendaraannya. Data ini penting untuk manifes, dimana terdapat hak asuransi setiap penumpang. **

Pos terkait