Gernas Bulan Cinta Laut 2023, Nelayan Teluk Palu Diminta Ambil Sampah di Laut

Ilustasi sampah laut

PALU, CS – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan  (DKP) telah mengimbau nelayan di Teluk Palu berperan aktif dalam mengambil sampah di laut.

Imbauan itu dikeluarkan dalam kaitan pelaksanaan Gernas Bulan Cinta Laut 2023 dapat tersosialisasikan dengan baik.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Sahabat Ganjar Sulteng Borong Dagangan Pelaku UMKM Untuk Warga Miskin

Kepala DKP Sulteng, Arif mengatakan, DKP Sulteng bekerjasama dengan Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP RI memperluas kampanye dan edukasi, guna membangun kesadaran bersama dalam mengurai sampat di laut.

“Bahkan selama pelaksanaan Gernas Bulan Cinta Laut 2023, kami terapkan konsep sirkular ekonomi. Artinya, setiap sampah yang dikumpul akan mendapatkan kompensasi berupa uang atau produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” katanya, di Palu, Selasa 1 Agustus 2023.

Kata dia, Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut memiliki semangat untuk membangun kesadaran bersama akan pentingnya menjaga ekosistem laut dari pencemaran lingkungan.

Baca Juga :  Topang IKN Baru, Pemprov Sulteng Akan Bangun Kawasan Industri Perikanan Halal di Bangkep dan Balut

“Terutama sampah plastik. Maka, konsep dibuat dengan melibatkan nelayan dan pegiat lingkungan secara masif selama sebulan penuh membersihkan perairan tempat mereka beraktoivitas,” tandasnya. **

Pos terkait