Kesal Dengan Sikap Subkon JOB Tomori, Puluhan Warga Desa Masing Blokade Akses Perusahaan

Suasana blokade jalan di Desa Masing, Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai, Rabu 23 Agustus 2023. (FOTO : channelsulawesi.id)

BANGGAI, CS – Merasa ada diskriminasi yang diberlakukan dalam rekrutmen tenaga kerja, puluhan warga masyarakat melakukan memblokade jalan masuk JOB Tomori, di Desa Masing, Kecamatan Batui Selatan.

Informasi yang diperoleh wartawan Channelsulawesi.id, pemblokiran akses menuju perusahaan yang dilakukan Rabu 23 Agustus 2023, merupakan wujud dari reaksi kekecewaan warga sekitar perusahaan hulu migas tersebut.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Kades Bombanon Juara 3 Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional

Pengakuan sejumlah warga setempat, pihak perusahaan Subkon PT. JOB yakni PT. KSO dan PT. SARKU, dituding lebih mengutamakan pekerja dari luar. Dan sebaliknya mengabaikan warga desa setempat.

Mereka mengungkap, jika hingga saat ini penerimaan tenaga kerja didominasi oleh masyarakat dari desa lain yang ada di Kecamatan Batui Selatan.

Hingganya, solusi agar bisa direspon oleh pihak perusahaan, warga terpaksa melakukan pemblokiran jalan dengan menggunakan dump truck dan traktor.

Berdasarkan informasi melalui Humas Polres Banggai, untuk mengamankan aksi tersebut, Kapolsek Batui AKP Sudirman bersama personilnya turun langsung ke TKP.

Baca Juga :  Kunjungan di Banggai, Gubernur Sulteng Bahas Pembangunan Infrastruktur dan DOB

Untuk meredam gejolak dan mencari solusi atas tuntutan warga, pihak sektor Batui membantu proses mediasi agar segera dilakukannya pertemuan yang melibatkan pihak perusahaan, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa di Balai Desa Masing.

Tak menunggu lama, setelah mendapatkan kesepakatan atas tuntutan warga, dalam proses mediasi yang melibatkan pemerintah Kecamatan Batui Selatan, warga Desa Masing membubarkan diri dan segera membuka blokir jalan dengan mwnyingkirkan kendaraan mereka. (AMLIN)

Pos terkait