Statistik Pasangkayu Gelar FGD Penyusunan Publikasi Daerah dalam Angka 2024

Wakil Bupati Pasnagkayu, Dr. Hj. Herny Agus S.Sos, M.Si, (tengah)

PASANGKAYU, CS – Badan Pusat Statistik Kabupaten Pasangkayu menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD), dalam rangka penyusunan publikasi daerah Pasangkayu dalam angka 2024 dan Pembinaan Statistik Sektoral.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Pasangkayu, Selasa 27 Februari 2024, dihadiri Wakil Bupati, Dr. Hj. Herny Agus.

Bacaan Lainnya

FGD ini merupakan sumber informasi penting bagi berbagai pihak, baik pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, maupun masyarakat umum. Publikasi ini memuat data dan informasi statistik yang menggambarkan kondisi sosial, ekonomi, dan pembangunan di Kabupaten Pasangkayu.

Baca Juga :  Pemerintah Kecamatan Doripoku Pasangkayu Gelar Musrenbang

Citra Dewi Zaid, Selaku Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Pasangkayu menyampaikan, Publikasi Pasangkayu dalam Angka merupakan publikasi BPS Pasangkayu yang diterbitkan setiap tahun di level kabupaten. Data dalam publikasi merupakan gabungan antara data statistik dasar yang dihasilkan oleh BPS, serta data statistik sektoral yang berasal dari Kementerian atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pasangkayu.

Citra melanjutkan, pada pengumpulan data tahun ini pihaknya membuat inovasi Portal Integrasi Data (PANADA), dimana OPD dapat langsung melakukan penginputan data melalui aplikasi tersebut, sehingga dapat lebih efektif dan efisien.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada OPD yang telah menyampaikan data-data yang akan disajikan pada Pasangkayu dalam Angka 2024, bahkan ada yang sudah memanfaatkan aplikasi PANADA,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Pasangkayu Sambut Kunker Kapolda SulBar

Dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Pasangkayu, Herny Agus, menyampaikan dalam sambutannya, bahwa data dan informasi yang akurat dan terkini sangat diperlukan untuk mendukung proses pengambilan kebijakan yang tepat sasaran dan efektif.

Hernya Agus berharap, FGD ini dapat menghasilkan publikasi yang berkualitas dan dapat diakses dengan mudah oleh semua pihak, serta kepada seluruh peserta FGD untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama, dan memberikan kontribusi dengan kerjasama dari semua pihak untuk menghasilkan publikasi yang bermanfaat dan penguatan statistik sektoral bagi kemajuan Kabupaten Pasangkayu.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfopers Pasangkayu, Dr. H. Badaruddin, yang juga sebagai Wali Data Kabupaten Pasangkayu menyampaikan, dalam pemaparannya sebagai wali data, statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu, dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan.

Baca Juga :  Pemkab Pasangkayu Sosialisasikan Pelaksanaan KIE Tentang Kesetaraan dan Keadilan Gender di Bambalamotu

Badaruddin melanjutkan, wali data merupakan unit pada instansi pusat dan instansi daerah yang melaksanakan kegiatan pengumpulan pemeriksaan dan pengelolaan data yang disampaikan oleh produsen data serta menyebarluaskan data.

Turut Hadir dalam FGD ini, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Pasangkayu, beberapa Kepala Dinas Lingkup Pemerintah Kabupaten Pasangkayu, dan Perwakilan Kepala  OPD lingkup Pasangkayu, serta Para tamu undangan lainnya. (HAMNAH)

Pos terkait