Panwaslu Pastikan Pemilu Berjalan Sesuai Konsitusi

MOROWALI, CS – Anggota panitia pengawas pemilu (Panwaslu) kecamatan se- Kabupaten Morowali yang akan mengemban tugas di pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) tahun 2024 ini, resmi dilantik sekaligus dikukuhkan.

Bersamaan dengan itu sekaligus juga dilantik sembilan kepala sekertariat (Panwascam), sementara untuk anggota Panwaslu 27 orang. Acara berlangsung pagi hari, di Grand Qafia Hotel Bungku Tengah, Sabtu 25 Mei 2024.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  PT. Sulawesi Resources Donasi 6 Ekor Sapi Qurban di Desa Binaan

“Dalam proses demokrasi bahwa Panwaslu ini sangat penting memastikan penyelenggaraan Pemilu agar berjalan sesuai konsitusi,” tutur Ketua Bawaslu Morowali Aliamin sewaktu menyampaikan sambutannya diacara tersebut.

Lanjut Aliamin, Panwaslu berfungsih sebagai lembaga yang diberikan mandat oleh undang-undang. Bukan hanya itu, Panwaslu juga dapat menentukan kualitas Pemilu yang akan dilaksanakan.

“Olehnya diharapkan Panwaslu ini dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Dan setiap tahapan proses demokrasi bisa dipertanggung jawabkan,” sebutnya.

Panwaslu juga perlu harus mengingat bahwa tugasnya bukan hanya menjaga penyelenggaran Pemilukada dengan baik. Bahkan jauh dari itu, bagaimana Panwaslu ini menjaga yang namanya harkat dan martabat bangsa kita.

Baca Juga :  Paslon Bupati Morowali Iksan-Iriane Iliyas Tidak Bawa Janji

“Menjaga derajat kita dari bangsa-bangsa lain yang senantiasa meneropong dinamika politik,” tambah Aliamin.

Adapun hadiri acara yakni Pj Bupati Morowali diwakili, Kabag Pengawasan Bawaslu Provinsi, Dandim 1311/Morowali, Kapolres Morowali diwakili, anggota KPU Morowali, kepala sekertariat Bawaslu Morowali, anggota dan juga staf Bawaslu.(MRM)

Pos terkait