Pemkab Banggai dan UIN Datokarama Kerja Sama di Bidang Peningkatan Kualitas SDM

PALU, CS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama bekerja sama dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di kabupaten tersebut.

Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman Thahir, dihubungi dari Kota Palu, Selasa, menyatakan bahwa perguruan tinggi yang dipimpinnya terus mengoptimalkan kontribusi terhadap pembangunan daerah berkelanjutan.

Bacaan Lainnya

“Dan penandatanganan kerja sama ini menjadi pintu masuk bagi UIN Datokarama untuk membantu pemerintah daerah,” kata Profesor Lukman.

UIN Datokarama dengan Pemerintah Kabupaten Banggai resmi bekerja sama, yang ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Bupati Banggai Amirudin Tamoreka dengan Rektor UIN Datokarama Profesor Kiai Haji Lukman S Thahir.

Baca Juga :  Ratna Mayasari Agan Upayakan Pelaku UMKM di Palu Mendapat NIB

Kesepakatan bersama tentang kerjasama pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan  pengabdian masyarakat , ditandatangani oleh dua belah pihak, di UIN Datokarama, di Kota Palu, Senin 7 Mei 2024.

Kesepakatan bersama ini dimaksudkan untuk digunakan sebagai dasar bagi para pihak dalam menyelenggarakan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, riset, dan inovasi penelitian serta ilmu pengetahuan di Kabupaten Banggai.

Kesepakatan bersama ini bertujuan, meningkatkan pelaksanaan pengembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan serta peningkatan  sumber daya manusia di Kabupaten Banggai, meningkatkan dan mengembangkan pengabdian masyarakat sebagai upaya dalam meningkatkan  kualitas pembangunan di Banggai, meningkatkan kerjasama dalam pengembangan riset dan pengkajian serta inovasi penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan Pembangunan di Kabupaten Banggai.

Mewujudkan pemerataan yang berkeadilan dalam memperoleh pendidikan tinggi, yang bermutu dan relevan dengan kepentingan masyarakat dengan memperhatikan aspek demografi dan geografis di Kabupaten Banggai, serta meningkatkan daya saing  daerah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menghasilkan intelektual, ilmuwan, dan/atau profesional yang berbudaya, kreatif, toleran, demokratis dan  berkarakter tangguh untuk kepentingan daerah di Banggai.

Baca Juga :  Miris, Penyintas Huntap Tondo Tampung Hujan Untuk Air Bersih

Ruang lingkup kesepakatan bersama tersebut meliputi pengembangan pendidikan tinggi dan pendidikan dasar di Kabupaten Banggai, pengabdian masyarakat dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dan Pengembangan Desa Digital serta Desa Moderasi di Kabupaten Banggai, peningkatan  penelitian, riset dan inovasi pengembangan ilmu pengetahuan.

Selanjutnya pengkajian dalam pembentukan produk hukum daerah sesuai kebutuhan, peningkatan program pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan pengembangan Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Kabupaten Banggai.

Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka, menekankan pentingnya sinergi antara universitas yang datang ke Kabupaten Banggai dengan universitas lokal dalam penelitian dan pengembangan.

Baca Juga :  Sukseskan SJSP dan Kampung Sayur, Ribuan Benih Disebar Dinas TPHP Banggai

“Setiap universitas yang datang untuk melakukan penelitian wajib menggandeng universitas yang ada di Banggai, Ini penting untuk transfer pengetahuan kepada dosen-dosen di Banggai dalam rangka pengembangan daerah ke depan,” kata Amirudin.

Bupati juga menyampaikan harapannya terhadap UIN Datokarama Palu, “Saya berharap bahwa UIN yang telah mengirim mahasiswa KKN, kedepannya dapat mengirim lebih banyak lagi, saya akan sampaikan kepada Kepala Dinas untuk jangan hanya biaya dari universitas tetapi juga dari Pemda,” tutur Bupati Banggai.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Banggai mengumumkan komitmen alokasi dana Rp. 5 miliar yang ada di Kecamatan untuk mendukung kegiatan mahasiswa, termasuk KKN.

“Termasuk ketika ada KKN yang terencana, Insya Allah dana Rp 5 miliar ini kita alokasikan untuk kegiatan tersebut,” ungkap Bupati Amirudin.

Hal tersebut menunjukkan keseriusan pemerintah daerah dalam mendukung pendidikan dan pengabdian masyarakat. **

Pos terkait