Wabup Banggai Lakukan Monev Realisasi Sejumlah Proyek PUPR Dalam Kota Luwuk

Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili bersama Dinas Pekerjaam Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan Monev terhadap pelaksanaan sejumlah proyek APBD tahun 2024. (Foto : channelsulawesi.id)

BANGGAI,CS – Menjalankan fungsi pengawasan, Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili bersama Dinas Pekerjaam Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap pelaksanaan sejumlah proyek APBD tahun 2024.

Menurut Kepala Dinas PUPR Banggai, Dewa Supatriagama, Selasa 20 Agustus 2024, kepada media mengatakan bahwa kegiatan monev yang dilakukan oleh Wabup merupakan bagian dari pengendalian progres, guna mendeteksi dini sebelum proyek selesai dikerjakan.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Bupati Banggai Boyong Delapan Kepala OPD Ikuti Kegiatan Nasional di Denpasar

Dijelaskannya, monev sangat perlu dilakukan guna mendeteksi segala bentuk kendala yang terjadi di lapangan. Sehingga proyek yang dikerjakan bisa memiliki kualitas, serta memastikan apa yang disampaikan sesuai dengan fakta di lapangan. Namun, monev kali ini masih seputaran proyek dalam kota.

“Setiap proyek pasti ada kendala masing-masing yang terjadi, tapi tidak sama. Secara umum kendalanya adalah faktor cuaca,” ujarnya.

Menyangkut kendala yang muncul setelah dilakukan monev, Dewa memastikan bahwa tindak lanjutnya seperti apa, nanti diketahui ketika hasilnya telah dilaporkan kepada Bupati Banggai selaku kepala daerah.

Baca Juga :  Tuntaskan Sengketa Tapal Batas Desa, Pemkab Banggai Rencana Lahirkan Tiga Kecamatan Baru

Namun ia mengungkapkan, meski kendalanya sering berbeda berdasarkan jenis pekerjaan yang dilaksanakan, namun kendala umum yang sering muncul adalah kendala cuaca dan progres pengerjaan, termasuk pelibatan tenaga kerja.

Dewa juga menambahkan, bahwa monev pengendalian progres merupakan kontrol langsung oleh pimpinan terhadap seluruh proyek yang dilaksanakan oleh dinas PUPR Banggai.

Monev bersama melibatkan Kabag Bipram, Staf Ahli Bupati, dan Staf Khusus Bupati, meliputi beberapa proyek seperti pembangunan kantor Brida, kantor Perusda PT Banggai Energi Utama, kantor Perpustakaan dan Kearsipan, pembangunan Pasar Simpong, pembangunan Mall Pelayanan Publik, dan beberapa proyek lainnya. (Amlin)

Pos terkait