Rustam Muhammad Jufri, Mantan Napiter Poso Bangun Hidup Baru dengan Jual Ayam Kampung di Pasar Tradisional

Rustam Muhammad Jufri alias Appe. (Foto : Istimewa)

POSO, CS – Rustam Muhammad Jufri alias Appe, seorang mantan narapidana terorisme (napiter) di Poso, kini telah beralih profesi menjadi pedagang ayam kampung di Pasar Tradisional Poso, Kelurahan Kawua, Kecamatan Poso Kota Selatan, Kabupaten Poso.

Rustam, yang pernah terlibat dalam kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan mendiang Santoso alias Abu Wardah, dahulu berperan aktif sebagai kurir dan bendahara kelompok tersebut.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Warga Poso Temukan Bom Rakitan Aktif di Kebun

Rustam ditangkap pada tahun 2015 atas keterlibatannya dengan MIT dan menjalani hukuman di Lapas Kelas IIB Luwuk. Pada 15 November 2017, ia resmi bebas dan kembali ke keluarganya di Poso.

Kehidupan setelah penjara memberinya banyak pelajaran berharga, terutama tentang pentingnya menjauhi aktivitas yang melanggar hukum.

Saat ditemui di tempat usahanya, Rustam menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak Kepolisian dari Satgas Ops Madago Raya yang sudah datang bersilaturahmi kepadanya. Ia berharap hubungan baik ini dapat terus terjalin untuk memperkuat kerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Poso.

“Saya menyadari apa yang saya lakukan dulu adalah tindakan yang salah dan melawan hukum. Saya berjanji untuk tidak terlibat lagi dalam kasus yang sama karena banyak hal yang merugikan diri sendiri dan keluarga,” ungkap Rustam.

Baca Juga :  Jalani Hidup Pas-Pasan, Wardah Minta Polisi Bantu Suaminya Dapat Remisi Hukuman

Rustam menegaskan bahwa pengalaman selama di penjara menjadi pelajaran berharga untuk lebih berhati-hati dalam hidup.

Ia mengingatkan pentingnya tanggung jawab sebagai kepala keluarga untuk menata hidup lebih baik dan tidak terjebak dalam paham radikal yang merusak.

Rustam juga menegaskan komitmennya untuk membantu Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta mencegah penyebaran paham radikal, intoleransi, dan terorisme, terutama di kalangan generasi muda di Kelurahan Kayamanya, Kecamatan Poso Kota.

Dengan situasi Poso yang saat ini mulai aman, Rustam merasakan dampak positif pada usahanya yang kini semakin lancar. Ia berencana mengembangkan usahanya agar lebih produktif di masa depan.

Baca Juga :  Densus 88 Jemput Lasmi di Bandara Mutiara SIS Aljufri

Rustam juga optimistis bahwa pertumbuhan ekonomi di Kota Poso akan semakin pesat, dan ia berjanji untuk selalu mendukung kebijakan pemerintah serta upaya Kepolisian dalam menciptakan suasana yang kondusif di wilayah tersebut.

Rustam Muhammad Jufri adalah contoh bagaimana seseorang bisa berubah dan berkontribusi positif bagi masyarakat setelah melewati masa kelam dalam hidupnya.

Kini, ia berfokus pada usaha kecilnya sambil mendukung berbagai upaya untuk menjaga kedamaian dan keamanan di Poso. **

Pos terkait