Tim Alfa 1 Satgas III Preventif Laksanakan Patroli Jalur Klasik untuk Cegah Paham Radikal di Poso

Tim Alfa 1 Satgas III Preventif Operasi Madago Raya melaksanakan Patroli Jalur Klasik di wilayah Gantinadi, Peg. Matoro, Padalembara, dan Kampung Bulok, Kecamatan Poso Pesisir Selatan. (Foto : Istimewa)

POSO, CS – Dalam upaya mencegah munculnya tempat pelatihan baru dan pengaruh paham radikal di masyarakat, Tim Alfa 1 Satgas III Preventif Operasi Madago Raya melaksanakan Patroli Jalur Klasik di wilayah Gantinadi, Peg. Matoro, Padalembara, dan Kampung Bulok, Kecamatan Poso Pesisir Selatan.

Patroli ini berlangsung selama tujuh hari dan bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di kawasan pegunungan yang rawan akan pengaruh ideologi ekstrem.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Dituding Money Politik, Ketua DPRD Poso Melawan

Kepala Operasi Madago Raya, Kompol Robi Utomo, menjelaskan bahwa pendekatan persuasif menjadi fokus utama dalam patroli ini. Tim berupaya menjalin komunikasi dan kerjasama dengan masyarakat pekebun setempat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Patroli ini sangat penting untuk mengidentifikasi dan mencegah segala bentuk aktivitas yang dapat mengganggu stabilitas keamanan,” ujar Kompol Robi, Kamis 17 Oktober 2024.

Selama pelaksanaan patroli, Tim Alfa 1 tidak hanya melakukan pengawasan, tetapi juga memberikan sosialisasi mengenai bahaya paham radikal kepada masyarakat.

Baca Juga :  Penyalahgunaan Dana Desa, Mantan Kades Bungintende Dikerangkeng Polisi

“Personel Satgas III Preventif menyampaikan pesan-pesan keamanan serta mendorong warga untuk aktif berpartisipasi dalam menjaga lingkungan masing-masing,” tambahnya.

Kegiatan ini mendapatkan respons positif dari masyarakat, yang merasa lebih aman dan tenang dari potensi ancaman. Dengan kehadiran Tim Alfa 1, diharapkan masyarakat dapat menjaga kerukunan di tengah keberagaman yang ada.

Patroli jalur klasik ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi masyarakat Poso Pesisir Selatan, serta mencegah penyebaran paham radikal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di daerah tersebut. **

Pos terkait