Jalur Maut Salena Kerap Makan Korban, Ini Solusi Ditawarkan PKB

Ketua Fraksi PKB DPRD Palu, H. Nanang didampingi Ketua DPC PKB Kota Palu, H. Alimuddin H. Alibau. (FOTO : channelsulawesi.id)

PALU, CS – Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu, H. Nanang menawarkan sejumlah solusi untuk ditindaklanjuti Pemerintah Kota Palu, terkait sering terjadinya kecelakan lalu lintas di Jalan menuju puncak salena.

Kata Nanang, solusi pertama adalah mengatur standar prosedur kendaraan yang diperbolehkan untuk naik ke puncak salena. Sebab menurut dia, meski akses jalan menuju lokasi terbilang bagus. Namun, medan yang harus dilalui pengendara sangat ekstrim. Terlebih arah kembali dari puncak.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Penanganan Rehab Rekon di Palu Berantakan, Satgas Bencana Kerja Apa ?

“Kita sudah liat sendiri bagaimana tadi kondisinya. Akses jalan memang bagus, tapi medan yang dilalui terbilang ekstrim. Apalagi kalau kembali dari arah puncak, penurunannya sangat terjal. Jadi harus ada standar kendaraan yang diperbolehkan untuk naik. Dinas terkait harus berperan disini,” katanya, ditemui usai meninjau langsung lokasi puncak salena. Senin 15 Maret 2021.

Menurut Nanang, jika penerapan standar kendaraan diberlakukan di lokasi ini. Maka hal itu akan berdampak ke masyarakat sekitar, sehingga dapat memutar roda perekonomian.

“Entah seperti apa nanti mekanisme dari dinas. Yang jelas, kendaraan seperti motor matic itu distop sampai di palang. Kemudian ada kendaraan khusus memuat pengunjung ke puncak. Jadi, masyarakat di sekitar diberdayakan,” terang Nanang.

Baca Juga :  Fraksi PKB Dorong Pemkot Palu Upayakan Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

Diakuinya, standar keamanan pada akses menuju puncak perlu dibenahi. Sebab dari pantauan langsung di lapangan, sepanjang sisi kiri dan kanan jalan masih minim pembatas dan rambu lalulintas.

“Kebetulan mitra saya di DPRD adalah Dinas Perhubungan dan Pekerjaan Umum. Insya Allah dalam waktu dekat akan saya sampaikan ke mereka. Karena percuma jika lokasi sebagus ini, tapi tingkat keamanan bagi masyarakat dan pengujung sangat minim,” tandasnya. (YM)

Pos terkait