Lab Terpadu Untad yang Dibiayai SBSN Hari ini Diresmikan

Kepala Pengelola Laboratorium Terpadu, Dr. Henry N. Barus (kiri) saat memperkenalkan salah satu teknologi yang ada di Laboratorium Terpadu Untad kepada Rektor, Prof. Mahfudz, Kamis 12 Mei 2022. (FOTO : channelsulawesi.id)

SULTENG, CS – Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof. Mahfudz, meresmikan penggunaan gedung Laboratorium (Lab) Terpadu, yang berada di Kompleks Untad, Kamis 12 Mei 2022.

Rektor Untad, Prof. Mahfudz dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada sejumlah fakultas yang telah mengusulkan pembangunan gedung laboratorium terpadu di Untad. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada para perancang gedung ini, yang berasal dari Fakultas Teknik Untad.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Pemprov Sulteng Bertekad Entaskan Desa Sangat Tertinggal

Rektor berharap gedung tersebut menjadi ikon Untad dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk pengembangan kualitas keilmuan. Kata dia, Laboratorium terpadu tersebut berbeda dengan laboratorium akademik di masing-masing fakultas, di mana laboratorium ini juga dapat digunakan oleh pihak dari luar kalangan Untad untuk melakukan penelitian.

Dikesempatan yang sama, Kepala Pengelola Laboratorium Terpadu, Dr. Henry N. Barus menyampaikan, pembangunan laboratorium terpadu ini merupakan bantuan negara dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Gedung tiga lantai itu menggunakan konstruksi tahan gempa, dengan dukungan genset dan solar panel.

Baca Juga :  Iqbal Andi Magga Ketuai Ombudsman RI Perwakilan Sulteng

“Gedung ini juga dilengkapi dengan lift dan CCTV, ruang perpustakaan dan kantin,” katanya.

Disampaikannya, Laboratorium terpadu itu terdiri dari empat divisi, yakni SDA, gizi makanan dan minuman, kebumian, serta divisi sains dan tata bangunan.

“Laboratorium ini dibangun dengan mimpi bisa menjadi lab nomor satu di Indonesia bagian timur. Kami berharap, ke depan ada kolaborasi dunia akademis, usaha dan industri, dalam pemanfaatan laboratorium ini,” tandasnya. **

Pos terkait