Kerjasama di Bidang Riset, Empat Universitas ini Gelar Workshop di Palu

Rektor Untad, Prof Mahfudz didampingi jajaran foto bersama Rektor Unja Prof Sutrisno dan pejabat terkait usai pembukaan workshop di Palu, Rabu 30 November 2022. (FOTO : channelsulawesi.id)

SULTENG, CS – Workshop dengan topik “International Research Collaboration: Challenges and Opportunities” dilaksanakan di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu 30 November 2022 pagi.

Kegiatan ini merupakan wujud kerjasama riset antara Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Jambi (Unja), Universitas Tadulako (Untad), dan University of Gottingen (CRC 990-EFForTS).

Bacaan Lainnya

Workshop menghadirkan Plt Dirjen Dikti Ristek Kemendikbudristek, Prof. Ir. Nizam M.Sc, sebagai pembicara utama yang hadir secara virtual via zoom meeting. Kemudian Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN, Prof Agus Haryono M.Sc.

Baca Juga :  Ini Pembahasan Rakor Lintas Sektor Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1442 H

Pembicara berikutnya, Wakil Rektor Bidang Internasional, Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB, Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat M.Sc, dan Koordinator CRC 990-EFForTS, Dr Ir Alyen Tjoa, yang juga selaku Dosen Fakultas Pertanian Untad.

Dikesempatan itu, Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Mahfudz MP, saat membuka workshop menyampaikan, menilai seorang dosen tidak bisa lepas dari aktivitas penelitian. Hal ini menjadi salah satu kewajiban dari tri dharma perguruan tinggi.

“Penelitian menjadi napasnya seorang dosen dimanapun berada,” ucap Rektor.

Kata Rektor, kerja sama riset sudah suatu keharusan bagi perguruan tinggi atau universitas. Olehnya, kerja sama riset suatu hal yang sangat penting untuk dibangun bersama-sama antar universitas hingga tingkat internasional.

Baca Juga :  Lantik Tiga Dekan, Prof. Mahfudz : Tidak Perlu Saya Nasehati, Saya Percaya Kalian Orang Hebat

“Itu akan menjadi bukti bahwa ekosistem yang kita bangun semakin kuat,” ujar Prof Mahfudz.

Prof Mahfudz mengharapkan, dengan pelaksanaan workshop bisa bermanfaat untuk peningkatan kualitas riset dari kerja sama yang terjalin.

Dikesempatan yang sama, Rektor Unja, Prof. Drs. H. Sutrisno M.Sc Ph.D, menyampaikan keinginannya agar kolaborasi antar IPB, Unja, Untad, dan University of Gottingen (CRC 990-EFForTS) terus terjalin baik.

“Mari kedepan perkuat institusi kita untuk melakukan riset kolaborasi ini,” tutur Rektor Unja.

Dipenghujung Prof Sutrisno mengucapkan terimakasih atas posisi Universitas Jambi sebagai penyelenggara CRC 990-EFForTS.

Baca Juga :  Perdagangan Ikan di Tengah Laut Timur Sulteng Masih Sering Terjadi

“Saya mengharapkan kedepan perlu ada perluasan kegiatan yang tidak hanya fokus ke riset atas pelaksanaan CRC 990-EFForTS,” pintanya.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama (Warek Banjas) Untad, Prof. Dr. Amar ST.,MT, Wakil Rektor Bidang Akademik (Warek Bidak) Dr. Lukman Nadjamuddin M.Hum  dan Dr. Ir. Sagaf, MP Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan  (Warek Bima), juga hadir mendampingi Prof. Mahfudz.  (YAMIN)

Pos terkait