Lagi, Wali Kota Palu Naikkan Gaji Ketua RT dan RW

PALU,CS – Insentif Ketua Rukun Warga dan Rukun Tetangga (RW-RT) di Kota Palu tahun ini kembali naik menjadi Rp500 ribu per bulan. Sebelumnya pada Oktober 2021, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mendongkrak gaji Ketua RW dan RT dari Rp150 ribu menjadi Rp300 ribu.

Hal itu terungkap dalam pertemuan dengan para ketua RT dan RW dari Kelurahan Birobuli Utara dan Birobuli Selatan, Kamis 2 Februari 2023 di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Lagi, FPKS DPRD Sulteng Salurkan Rp400 Juta Pokir untuk 3 Yayasan Pendidikan

Wali kota yang memimpin langsung pertemuan itu mengatakan pertemuan bersama Ketua RT dan RW ini merupakan kegiatan rutin untuk menyamakan pandangan terkait dengan fokus kerja Pemerintah Kota Palu.

Fokus kerja tersebut membutuhkan dukungan dari seluruh ketua RT maupun ketua RW agar kerja-kerja dapat tersingkron dengan baik dan menghasilkan output yang optimal dirasa manfaatnya.

“Alhamdulillah di tahun ini 2023, kita naikkan kembali menjadi Rp500 ribu. Jadi insentif seluruh ketua RT dan RW di tahun 2023 ini sudah naik menjadi Rp500 ribu perbulan,” ungkapnya.

Nilai Rp500 ribu perbulan ini dianggap cukup berani karena Kota Batam saja yang APBD-nya sekitar Rp4 triliun, insentif RT dan RW-nya hanya Rp500 ribu.

Baca Juga :  Lima Calon Kadis Pariwisata Palu Unjuk Konsep ke Wali Kota

Tapi Kota Palu yang APBD-nya baru sekitar Rp1,7 triliun, ungkapnya sudah berani menaikkan insentif para ketua RT dan RW-nya menjadi Rp500 ribu.

Hal ini ungkap wali kota karena ia menginginkan gerak para ketua RT dan RW menjadi gerak bersama yang bisa saling menguatkan dalam upaya menargetkan kerja-kerja yang optimal.

“Karena saya dan seluruh jajaran sangat-sangat memahami bahwa peran seluruh ketua RT dan RW sangat vital dalam membantu pemerintah untuk bisa mentransformasikan semua arah kebijakan Pemerintah kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Menurutnya tanpa bantuan dari seluruh ketua RT dan RW, maka Ia yakin target-target kerja pemerintah tidak akan tercapai dengan baik.

Baca Juga :  Gerak Cepat Pemkot Palu Menangani Dampak Kebakaran Pasar Masomba

Olehnya sangat penting untuk meningkatkan hal-hal yang didapatkan para ketua RT dan RW termasuk insentif yang diterima setiap bulannya sehingga peningkatan kerja dapat dilaksanakan dengan baik.

Wali kota berencana akan kembali menggiatkan kunjungan ke kelurahan-kelurahan setiap hari Sabtu dan Minggu pekan berjalan.

“Saya berharap setiap kunjungan saya di kelurahan, para ketua RT dan RW hadir. Supaya kita tahu program apa saja yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu di wilayah kelurahan masing-masing,” harapnya.

Turut hadir dalam rapat ini yaitu Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, Camat Palu Selatan, dan sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkot Palu (**).

 

Pos terkait