Pemkab Pasangkayu Upacara Hari Lahir Pancasila

Pemkab) Pasangkayu menggelar Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024 dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, di Halaman Kantor Bupati Pasangkayu, Sabtu  1 Juni 2024.

Upacara ini dihadiri oleh Muh. Zain Machmod S.Sos (Sekda Mewakili Bupati Pasangkayu), Kompol Pandu Arif Setiawan S.H.,S.Ik (Kabag Ops Mewakili Kapolres Pasangkayu), Primawibawa Rantjalobo SH., MH (Kasi PB3R Mewakili Kejaksaan  Pasangkayu), Narendra Aryo Bramastyo S.H (Hakim Mewakili Ketua Pengadilan Pasangkayu), Arwi (Wakil Ketua II Mewakili ketua DPRD Pasangkayu), H. Muhammad Hatta S.Ag (Kepala Kemenag Kab. Pasangkayu), H. M Yunus Al Sam S.Pd.,M.Si (Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra), Muh. Abduh S.Pd (Kepala Kesbangpol Kab. Pasangkayu), Seluruh Perwira Kodim 1427/Pasangkayu, Para Pimpinan OPD Kab. Pasangkayu

Bacaan Lainnya

Dalam hal ini, bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Letkol Inf Czi Dony Siswanto selaku Dandim 1427/Pasangkayu, bertindak sebagai Perwira Upacara Iptu Ludiyanto (Kasat Binmas Polres Pasangkayu) serta bertindak sebagai Komandan Upacara  Lettu Inf Rusli (Plh. Pasi Ops Kodim 1427/Pasangkayu).

Baca Juga :  Pemkab Pasangkayu Rembuk Percepatan Pembangunan

Dandim 1427/Pasangkayu Letkol Inf Czi Dony Siswanto membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Dalam amanatnya menyampaikan Pada hari ini tanggal 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila Hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan Bapak pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 didepan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Kata dia, patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk Pancasila dan nilai nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Sukseskan HUT ke-79 RI di IKN, Jasa Raharja dan Korlantas Polri Sinergi Wujudkan Kamseltibcar Lantas dan Zero Accident

“Di dalam Pancasila terkandung nilai nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong,” katanya.

Menurutnya, keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka TunggalIka” dalam momentum yang sangat bersejarah ini saya mengajak komponen bangsa dimanapun berada, untuk bahu membahu membumikan nilai nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai meja statis Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar Sedangkan sebagai lestari dinamis.

Lanjut dia, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia selain regulasi yang berlandaskan pada semangat, dan jiwa Pancasila kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” terangnya.

Baca Juga :  Pemkab Pasangkayu Upacara HUT PGRI ke 78 dan Hari Guru Nasional

Lebih dari itu, dia mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengurus utamakan Pancasila dengan metode dan cara cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi, terlebih di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial,dan politik, ” ajaknya.

Mengakhiri pidatonya, dia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila.

“Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai nilai Pancasila,” tandasnya. (HAMNAH)

Pos terkait