Ciptakan Pemerintahan Bersih dan Akuntabel, Pemkab Banggai Launching Aplikasi SRIKANDI

BANGGAI, CS – Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banggai melaunching aplikasi SRIKANDI.

Kegiatan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip dan Launching Aplikasi SRIKANDI di Kabupaten Banggai Tahun 2024, tersebut dibuka oleh Bupati Banggai, Ir. Amirudin yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Nurjalal Amir, Jumat 14 Juni 2024.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Kakek 84 Tahun di Balantak Selatan Ditemukan Warga Membusuk Dalam Rumahnya

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati terlebih dahulu memberikan apresiasi kepada OPD yang dipimpin Drs. Benyamin Pongdatu. Dimana, peluncuran aplikasi SRIKANDI tersebut merupakan bagian dari upaya menciptakan pemerintahan yang bersih serta pelayanan publik yang maksimal.

Aplikasi ini juga merupakan hasil kolaborasi antara Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Bupati juga menaruh harapan melalui aplikasi SRIKANDI tersebut, bisa menjadi instrumen pengelolaan arsip secara dinamis yang berdasarkan pada Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca Juga :  Pemkab Banggai Gelar Vaksinasi di SD

Peluncuran Aplikasi SRIKANDI juga didasari oleh Peraturan Bupati Banggai nomor 23 tahun 2023 tentang Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Daerah dan Peraturan Bupati Banggai nomor 24 tahun 2023 tentang Pengelolaan Arsip Dinamis.

Kegiatan yang dilaksanakan disalah satu hotel ternama di Kota Luwuk itu dihadiri Direktur Kearsipan Daerah dan Arsip Nasional RI, Rudi, SH,.MH. serta beberapa kepala OPD dilingkungan Pemkab Banggai. (Amlin)

Pos terkait