DKP Provinsi Sulteng Gelar Pelatihan Pemahaman SNI ISO/ICE 17025:2017

Kepala DKP Sulteng, Moh. Arif Latjuba saat membuka kegiatan, Kamis 20 Juni 2024. (FOTO : Istimewa)

PALU, CS – Unit Pelaksana Teknis Pengujian Mutu Hasil Perikanan (UPT PMHP) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengadakan pelatihan pemahaman SNI ISO/ICE 17025:2017 untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pegawai dalam melaksanakan pengujian mutu hasil perikanan serta meningkatkan efektivitas UPT PMHP.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, dari tanggal 20 hingga 21 Juni 2024, di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah, diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari pegawai ASN dan PHL di lingkup UPT PMHP DKP Sulteng. Narasumber dalam pelatihan ini berasal dari Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Ketua TP PKK dan Kepala DKP Sulteng Hadiri Rakornas Forum Peningkatan Konsumsi Ikan

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan seluruh UPT PMHP memiliki pemahaman yang mendalam terhadap SNI ISO/IEC 17025, yang merupakan standar internasional untuk kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi. Diharapkan, dengan pelatihan ini, UPT PMHP dapat meningkatkan kualitas dan keabsahan pengujian mutu hasil perikanan di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala DKP Sulteng, Moh. Arif Latjuba, saat membuka kegiatan menekankan pentingnya pemahaman terkait SNI ISO/ICE 17025:2017 untuk meningkatkan keterampilan seluruh personel UPT PMHP, sehingga menghasilkan analisis khususnya untuk akreditasi laboratorium UPT PMHP dan mampu menerapkan pada di bidangnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga :  Memadamkan Nyala Api Pada Anak Usia Dini

Dia menjelaskan, ISO 17025 adalah standar untuk laboratorium penguji yang dibuat dengan tujuan menawarkan kualitas dan meningkatkan proses di dalam laboratoriun. ISO 17025 manajemen laboratorium memiliki dua klausul utama.

“Persyaratan manajemen yang terkait dengan kinerja dan efisiensi sistem manajemen mutu di dalam laboratorium, dan persyaratan teknis yang terfokus pada kompetensi karyawan, metodologi pengujian, peralatan serta hasil pengujian dan kalibrasi, jelas Arif.

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya DKP Sulteng untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan kompetensi pegawai dalam bidang pengujian mutu hasil perikanan, guna mendukung pengakuan keabsahan hasil pengujian yang dilakukan oleh UPT PMHP.

Baca Juga :  Jelang Musda HIPMI Sulteng, BPC Palu Belum Bersikap

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan pegawai UPT PMHP DKP Sulteng dapat lebih memahami dan menerapkan standar SNI ISO/IEC 17025:2017 dalam setiap aktivitas pengujian mutu, sehingga dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan terhadap hasil pengujian mutu perikanan yang dilakukan oleh DKP Provinsi Sulawesi Tengah. **

Pos terkait