PPK dan PPS se Kota Palu Ikuti Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih, Pengguna Sidalih dan E Coklit

PALU, CS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) Pemutakhiran data pemilih, penggunaan Sidalih dan Elektronik Coklit, di salah satu hotel di Kota Palu, Kamis 20 Juni 2024.

Ketua KPU Palu, Idrus mengatakan Bimtek tersebut berkaitan dengan tata cara mempraktekkan penggunaan Sidalih dan elektronik pencocokan data pemilih, sebagai alat bantu yang akan digunakan oleh Panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Bimtek tersebut  berjenjang dan tidak lagi memakai pola KPU dalam membintek Pantarlih.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  PPK Morowali di Harap Kerjakan Tugas Sesuai Aturan

“Karena sumber daya kita di PPK dan PPS cukup baik dan sangat baik untuk menjadi narasumber di tingkat Pantarlih,” ucap Idrus.

Tujuannya adalah,  agar PPK dan PPS mengetahui materi-materi yang diberikan, dipahami dan terampil untuk menggunakan.

Sebab, kata dia, setelah bimtek ini, PPK dan PPS juga yang akan melakukan bimtek kepada Pantarlih, usai dilantik tanggal 24 Juni nanti.

Ditempat yang sama, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, KPU Kota Palu, Muh. Musbah, menyampaikan bimtek ini akan menyajikan beberapa materi yang berlangsung dari jam 08.00 sampai dengan pukul 17.30 Wita.

Baca Juga :  PPKM 4, Pemkot Palu Longgarkan  Pelaku Usaha Kecil di Kawasan

Yang diisi dengan materinya tentang pemutakhiran data pemilih, pra pemutakhiran, saat coklit dan pasca coklit.

“Apa yang dilakukan oleh PPK dan PPS sebelum pencoklitan, saat pencoklitan dan pasca pencoklitan. Materinya akan memuat masalah itu. Kemudian  terkait dengan Sidalih  dan e-coklit dan terakhir adalah praktik penggunaan sidalih dan penggunaan e-coklit,” jelasnya.

Selanjutnya kata Musbah, setelah praktik akan ada simulasi coklit.

“Jadi teman-teman PPK dan PPS ini akan berperan sebagai RT, ada yang berperan sebagai PPS, ada yang berperan sebagai Pantarlihnya,” tandasnya.

Baca Juga :  Wali Kota Palu Lepas Lomba Perahu Layar di Pantai Lero Kabupaten Donggala

Peserta bimtek terdiri dari lima anggota Panitia Pemilihan Kecamatan dan 2 anggota Panitia Pemungutan Suara dari masing-masing kecamatan dan kelurahan se-Kota Palu.

Pembukaan bimtek dihadiri Sekretaris KPU Kota Palu, Aslam Adigama dan sejumlah pejabat struktural KPU Kota Palu. **

Pos terkait