Tingkatkan Pengelolaan Bumdes Berbasis Potensi Desa, Brida Banggai Gelar Seminar

Susana seminar Kajian Evaluasi Program Inovasi Bumdes Maima, di ruang rapat khusus sekretariat daerah, Jumat 21 Juni 2024. (FOTO : channelsulawesi.id)

BANGGAI, CS – Pemerintah Kabupaten Banggai dibawah kepemimpinan Bupati Ir.Amirudin dan Wakilnya Drs.Furqanuddin Masulili, terus mendorong kemandirian ekonomi desa melalui pengelolaan Bumdes yang berkelanjutan.

Hal itu diungkapkan Kepala Brida Kabupaten Banggai, Andi Nursyamsi Amir saat memimpin Seminar Kajian Evaluasi Program Inovasi Bumdes Maima, bertempat diruang rapat khusus sekretariat daerah, Jumat 21 Juni 2024.

Bacaan Lainnya

Menurut Andi, perlunya dilaksanakan seminar, agar Bupati selaku kepala daerah dapat mengetahui serta menakar tingkat keberhasilan dari pengelolaan Bumdes tersebut.

Baca Juga :  Dukung Peningkatan Pendidikan Anak Usia Dini, ESSA PT PAU Kembali Serahkan Bantuan

Dijelaskan Andi, adapun yang dilibatkan sebagai tim kajian yang berperan untuk memberikan saran dan masukan yakni dari kalangan akademisi Universitas Muhammadiyah Luwuk.

“Saran dan masukan dari tim kajian sangat penting sebagai rujukan pemerintah daerah dalam menerapkan kebijakan,” katanya.

Perlu adanya kajian kata Andi, disebabkan adanya keseriusan pemerintah daerah untuk menata dan meningkatkan pengelolaan Bumdes sebagai salah satu pilar yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan.

Yang mana, dalam kurun 3 tahun kepemimpinan Ir.Amirudin dan Drs. Furqanuddin Masulili, Andi menegaskan jika sudah terbentuk 69 Bumdes dan telah mengelola berbagai jenis usaha.

Baca Juga :  Brengsek, Residivis Jambret Perkosa Mahasiswi Luwuk

“Saat ini sudah ada beberapa Bumdes yang dikelola dengan baik dan mampu meningkatkan ekonomi desa,”tandasnya.

Sehingga, dengan adanya Bumdes yang dikelola secara berkelanjutan dan terintegrasi berdasarkan potensi masing-masing desa, diharapkan bisa menjadikan desa tersebut mandiri dan ekonominya meningkat.

“Harapan kami, melalui ekosistem ekonomi yang ada didesa bisa terkolaborasi dengan ekositem ekonomi nasional, dan pemerintah saat ini mengharapkan itu bisa terwujud,” ujar Andi.

Turut hadir dalam seminar tersebut yakni, Kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Banggai, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banggai, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banggai, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Banggai, Kepala Bagian Ekonomi Setda Kabupaten Banggai, Camat Kintom, Camat Luwuk Utara, Camat Nambo, Camat Batui Selatan, Kepala Desa Lenyek, Kepala Desa Padungyo, Kepala Desa Sinorang, Kepala Desa Uling, Dirut Bumdes Lembu Ageng Lenyek, Dirut Bumdes Labage Jaya Padungnyo, Dirut Bumdes Maya Senja Sinorang dan Dirut Bumdes Abadi Uling. (Amlin)

Pos terkait