Dinas PUPR Targetkan Pembangunan Tiga Kantor Camat Rampung Tahun 2024

BANGGAI, CS – Dalam upaya mendukung  pelayanan di wilayah, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banggai, tengah merealisasikan pembangunan tiga kantor Camat, melalui APBD Tahun 2024.

Kepala Bidang Penataan Bangunan dan Infrastruktur Permukiman (PBIP) Dinas PUPR Banggai, Ir. I Putu Jati Arsana ST., MT., dikonfirmasi Selasa, 10 September 2024, mengatakan, pembangunan meliputi kantor Camat Lamala, Luwuk Selatan dan Toili Jaya (hasil pemekaran kecamatan toili).

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Wow..! Sejumlah Proyek APBD Tahun Anggaran 2023 di Dinas PUPR Banggai Gagal Tender

Anggaran yang telah dialokasikan melalui Dinas PUPR Banggai untuk pembangunan tiga kantor tersebut sekitar Rp 5,8 miliar, bersumber dari APBD 2024, dengan rincian pembangunan Kantor Camat Toili Jaya sekitar Rp 1.499.721.040, Kantor Camat Luwuk Selatan, Rp 2.998.764.138 dan pembangunan Kantor Kecamatan Lamala, Rp 1.400.000.000.

“Proyek itu tak lama lagi selesai.
Sekitar bulan November 2024 proyek itu sudah Serah Terima Sementara Pekerjaan atau PHO (Provisional Hand Over),” ujarnya.

Hanya saja, dijelaskan Putu, khusus untuk Kecamatan Toili Jaya yang merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Toili yang diresmikan oleh Bupati Amirudin, pada 21 Agustus 2023, lalu, Pemerintah Kabupaten tidak hanya membangun kantor saja, melainkan disertai rumah jabatan camat.

Baca Juga :  PUPR Banggai Maksimalkan Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI Warukiri Masama

“Saat ini, kantor Camat Toili Jaya, masih menggunakan rumah warga di Desa Tolisu, tepat berhadapan dengan kantor desa,” bebernya.

Ditambahkan Putu, bahwa untuk memastikan realisasi atau capaian pelaksanaan pembangunan tiga kantor camat tersebut, Wakil Bupati Furqanuddin Masulili didampingi tim Dinas PUPR Banggai, telah meninjaunya, saat melakukan monitoring dan evaluasi ke sejumlah proyek dibeberapa tempat pada, Rabu 21 Agustus 2024, lalu.

“Untuk realisasi fisik Kantor Camat Toili Jaya sudah diatas 50 persen. Kalau Kantor Camat Lamala masih 25 persen. Yqng masih dibawah itu, Kantor Camat  Luwuk Selatan, karena kontraknya belakangan,”tandasnya. (Amlin)

Pos terkait