130 Atlet ikuti ILM BMX Cross Competition di Palu

Kejuaraan ILM BMX Cross Competition di taman hutan Kaombona, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat 13 September 2024. (Foto : Istimewa)

PALU, CS – Sebanyak 130 atlet sepeda BMX dari berbagai daerah di pulau Sulawesi turut berlaga dalam kejuaraan ILM BMX Cross Competition di taman hutan Kaombona, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat 13 September 2024.

Menurut Inisiator ILM BMX Cross Competition Imelda Liliana Muhidin, olahraga sepeda baik itu BMX Cross atau Downhill di wilayah Sulteng, khususnya Kota Palu cukup berkembang dengan pesat dan memiliki banyak peminat dari berbagai kelompok usia.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Langkah Senoro FC Terhenti di Laga Bupati Cup 2023

Sehingga salah satu tujuan adanya kejuaraan seperti ILM BMX Cross adalah memberikan momentum bagi para rider sepeda untuk saling menguji hasil latihan individual satu sama lain.

“Saya melihat banyaknya klub atau komunitas-komunitas sepeda di Palu ini sebagai hal yang luar biasa, artinya ILM BMX Cross hadir sebagai wadah bagi mereka untuk meningkatkan kualitasnya sebagai rider, sebagai tempat menyalurkan bakat dan minatnya dibidang olahraga sepeda ini,” kata Imelda usai membuka kejuaraan ILM BMX Cross Competition di Palu, Jumat sore 13 September 2024.

Imelda juga mengemukakan sebagai pemain sepeda road bike, pihaknya memahami betul apa yang diinginkan oleh para pesepeda atau rider sepeda, sehingga lahirlah salah satu jawabannya yakni ILM BMX Cross.

Baca Juga :  Ketua ASPROV PSSI Sulteng Kecam Keras Kepemimpinan Wasit di Laga Sulteng Vs Aceh di PON XXI

Pun ILM BMX Cross, lanjut Calon Wakil Wali Kota Palu periode 2024-2029 dari partai Golkar tersebut, sekaligus dapat menjadi rujukan bagi stakeholder terkait seperti KONI Kota Palu maupun KONI Sulteng, berikut juga organisasi ISSI untuk mencari bibit-bibit yang baru.

“Saya kira juga kejuaraan semacam ini harus  dirutinkan, sebab akan berpengaruh besar terhadap peningkatan kualitas setiap rider terlebih jika kejuaraan tersebut dapat menghadirkan peserta dari luar pulau Sulawesi dan itu kami targetkan akan menjadi agenda rutin setiap tahun,” sambung Imelda.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia, Wawan Kurniawan menyebut bahwa kejuaraan yang mempertandingkan ratusan atlet itu terbagi dalam tujuh kelas yang berbeda.

Baca Juga :  Agus Haci Resmi Arsiteki Palu Putra di Liga 3

Adapun tujuh kelas tersebut adalah Men Open (19 tahun ke atas) hingga MTB 4 Cross (30 tahun ke atas), serta tiga kelas tambahan lainnya.

“Kategori lomba ada sekitar tujuh kelas tiap kelas mencapai 20 sampai 30 peserta dengan kelompok usia 7-30 tahun,” tutup Wawan. **

Pos terkait