Buka Debat Publik, Idrus: Jadikan Pilkada sebagai Sarana Silaturahmi untuk Menjaga Persaudaraan

Ketua KPU Kota Palu, Idrus, SP., M.Si, membuka debat publik pertama pasangan calon walikota dan wakil walikota Palu, di salah satu hotel di Kota Palu, Senin 21 Oktober 2024. (Foto: channelsulawesi.id)

PALU, CS – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Idrus, menekankan pentingnya pelaksanaan kampanye yang aman dan damai menjelang pemilihan walikota dan wakil walikota pada 27 November 2024.

Dalam acara debat publik pertama pasangan calon yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Palu, Idrus mengingatkan bahwa kampanye adalah momen untuk mempertemukan calon pemimpin dengan pemilih.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Idul Kurban 2023, Pemkot Palu Kumpul 495 Sapi dan 53 Kambing

“Kampanye dapat dimaknai sebagai kegiatan memperkenalkan visi, misi, dan program kerja calon walikota dan wakil walikota kepada masyarakat,” ujar Idrus.

Ia juga menekankan bahwa materi kampanye harus menjunjung tinggi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, meningkatkan moralitas dan nilai agama, serta menghormati perbedaan suku, agama, ras, dan golongan.

Idrus mengingatkan pasangan calon dan tim kampanye agar mematuhi komitmen untuk melaksanakan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Kita harus melaksanakan kampanye dengan integritas, tanpa hoaks, politisasi SARA, dan politik uang,” tegasnya.

Baca Juga :  KPU Kota Palu Siapkan Debat Publik Pertama Paslon Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2024

Debat publik pertama mengangkat tema “Menyejahterakan Masyarakat dan Memajukan Kota Palu” dan merupakan bagian dari upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Idrus menjelaskan, KPU telah melaksanakan pendidikan pemilih yang menyasar berbagai kalangan, termasuk masyarakat umum, tokoh agama, perempuan, disabilitas, pemilih pemula, dan pemilih muda.

“Pelaksanaan tahapan pilkada yang berkualitas bergantung pada kepatuhan semua pihak terhadap aturan. Mari kita jadikan pilkada sebagai sarana silaturahmi untuk menjaga persaudaraan,” tambah Idrus.

Dengan hanya 36 hari tersisa menuju pemungutan suara, Idrus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi ini demi kemajuan Kota Palu.

Baca Juga :  KPU Palu Tetapkan 35 Caleg Terpilih Periode 2024 - 2029

KPU berharap semua calon dan pendukungnya dapat berkompetisi secara sehat, sehingga pemilihan ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang diharapkan masyarakat. **

Pos terkait