Bawaslu Sulteng Dorong Partisipasi Aktif Media dan Akademisi untuk Pemilu Berkualitas

Suasana sosialisasi pengawasan partisipatif, di salah satu hotel di Kota Palu, Jum’at 19 Juli 2024. (Foto : channelsulawesi.id)

PALU, CS – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif dengan tema “Peran Media dalam Pengawasan Partisipatif” di salah satu hotel di Kota Palu, Jumat 19 Juli 2024.

Acara ini diikuti oleh 58 peserta yang terdiri dari perwakilan media online dan cetak serta akademisi dari sejumlah Perguruan Tinggi di Kota Palu.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Tiba di Kota Palu, Kirab Pemilu 2024 dilanjutkan ke Donggala

Kegiatan ini dipandu oleh, Andi Kusno dan menghadirkan dua narasumber utama, Ketua Bawaslu Provinsi Sulteng, Nasrun, dan Ferry dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulteng.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Ketua Bawaslu Sulteng Nasrun menyampaikan pentingnya tiga bentuk partisipasi dalam penyelenggaraan Pemilu. Yakni, partisipasi calon peserta, partisipasi pemilih, dan partisipasi pengawasan.

“Partisipasi ketiga, yaitu partisipasi kita (Bawaslu dan peserta) menjadi pengawas. Jika melihat atau memiliki informasi mengenai adanya indikasi pelanggaran, sampaikan ke kami untuk ditindaklanjuti. Minimal, partisipasi kita dalam proses pengawalan penyelenggaraan Pemilu adalah dengan memastikan diri kita masuk dalam daftar pemilih,” ujar Nasrun.

Baca Juga :  AA - AKA Janji Fokus Infrastruktur dan Pariwisata di Donggala

Nasrun juga memaparkan tahapan Pilkada Sulteng berdasarkan Keputusan KPU Sulteng Nomor 50 Tahun 2024, sambil mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam setiap tahapan tersebut.

Dia berharap, melalui momentum Pilkada ini, media dan akademisi dapat berkontribusi dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat untuk mendorong peningkatan partisipasi pemilih dan mewujudkan Pemilu yang berkualitas.

Acara ini menekankan pentingnya kolaborasi antara Bawaslu, media, dan akademisi dalam mengawasi jalannya Pemilu, serta memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat mengenai pentingnya partisipasi aktif dalam proses demokrasi. *

Baca Juga :  Paslon Pilgub Sulteng, Anwar - Reny A. Lamadjido Mulai Seri Deklarasi di Sulteng

YAMIN

Pos terkait