FKUB Sulteng dan Sulbar Bersinergi untuk Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama di Wilayah Perbatasan

PALU, CS – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah dan FKUB Provinsi Sulawesi Barat berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama di kedua provinsi tersebut.

Sekretaris FKUB Provinsi Sulawesi Tengah, Doktor Haji Muhammad Munif Aziz Godal, menegaskan bahwa sinergi antara kedua FKUB ini menjadi langkah penting untuk mengoptimalkan upaya peningkatan kerukunan umat beragama. Hal ini disampaikannya pada Senin, 12 Agustus 2024, di Kota Palu.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Gubernur H. Rusdy Mastura Sambut Kedatangan Wakil Presiden

“Sinergi dengan FKUB Provinsi Sulawesi Barat merupakan upaya bersama yang sangat penting,” ujar Munif.

Dia juga menyebut bahwa FKUB Sulawesi Tengah yang dipimpin oleh Ketua Profesor Kiai Haji Zainal Abidin, telah menerima kunjungan studi banding dari pengurus FKUB Sulawesi Barat yang dipimpin oleh Sahabuddin Kasim di Palu, pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Munif menambahkan, kegiatan studi banding dan silaturahmi ini adalah komitmen besar dalam meningkatkan kualitas kerukunan yang juga didukung dengan penguatan kolaborasi antar lembaga.

“Penguatan kolaborasi ini adalah komitmen kebangsaan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI,” tegasnya.

Baca Juga :  Legiun Veteran RI Rayakan HUT ke-66 di Palu

Melalui sinergi ini, FKUB Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat akan melakukan pembinaan umat beragama di wilayah perbatasan antara kedua provinsi tersebut, dengan pendekatan moderasi beragama sebagai prioritas utama.

FKUB Sulawesi Tengah telah aktif menyuarakan pentingnya kerukunan dan toleransi antar umat beragama melalui berbagai kegiatan sosial keagamaan yang dikolaborasikan dengan pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan, dan masyarakat.

“Kerukunan adalah upaya merawat kebhinekaan dan menjaga keutuhan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” pungkasnya. *

Pos terkait