FKUB Sulteng Laksanakan Bedah Buku Moderasi Beragama

PALU, CS – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulteng melaksanakan beda buku moderasi beragama. Buku berjudul Moderasi Beragama Telaah Agama Agama ditulis sejumlah tokoh agama di daerah ini. Menghadirkan dua narasumber utama yakni akademisi Universitas Tadulako Arianto Sangadji dan penulis buku Arifuddin Arif. Kegiatan dilaksanakan di Aula Serbaguna Milenium Water Park Kecamatan Palu Selatan Sabtu 12 Agustus 2023.

Ketua FKUB Sulteng Prof. KH. Zainal Abidin menerangkan gagasan penulisan buku untuk menerangkan konsep beragama yang harmonis dan toleran kepada seluruh lapisan masyarakat di daerah ini.  Buku ini nantinya akan diproduksi dalam jumlah banyak sehingga nantinya bisa dikirim ke kabupaten/kota dan dibagikan kepada majelis majelis agama, organisasi kepemudaan dan kepada para pemimpin agama-agama.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Ini Pesan Wali Kota Palu Dalam Pentahbisan Gedung Gereja Jemaat GPID Koinonia

“Kita berharap dengan hadirnya buku bisa dibaca masyarakat, majelis-majelis agama dan menambah wawasan masyarakat kita. Rencananya kita akan kirim ke seluruh wilayah kabupaten/kota di Sulawesi Tengah” kata Prof. KH. Zainal Abidin.

Guru besar UIN Datokarama Palu itu mejelaskan buku ini juga nantinya akan memuat soal kearifan lokal. Kekayaan budaya dan tradisi di Sulteng namun tidak bertentangan dengan ajaran agama. Untuk itu ia berharap, dengan terbitnya buku ini menjadi referensi bagi pemuka agama untuk memberikan pemahaman kepada umatnya masing masing.

“Saya kira nanti kita juga akan bisa membagikan buku itu kepada para imam dan pegawai syara, misalnya kita juga nanti kemungkinan membagikan kepada ormas-ormas kepemudaan seperti Ansor, Fatayat Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Katolik, pemuda Kristen, pemuda Hindu dan pemuda Budha” imbuhnya. **

Pos terkait