2024, Pemerintah Kecamatan Palu Selatan Terapkan Layanan Antar Berkas Langsung ke Rumah Warga

PALU,CS – Pemerintah Kecamatan Palu Selatan Kota Palu terus berinovasi mengembangkan pelayanan publiknya. Tujuannya untuk mendekatkan akses sekaligus kemudahan pelayanan terhadap masyarakat.

Tahun 2023 ini Gubernur Sulteng bahkan menobatkan Pemerintah Kecamatan Palu Selatan sebagai kecamatan terbaik ketiga atas hasil evaluasi kinerja kecamatan se- Sulteng tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Prestasi ini baru diperoleh kembali setelah sekian tahun lamanya kecamatan di Kota Palu tidak mendapatkan penghargaan demikian dari Pemerintah Provinsi Sulteng.

Penghargaan yang diberikan pada momentum peringatan HUT RI ke 78 oleh Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir tersebut berkaitan inovasi pelayanan berbasis online terhadap seluruh jenis adminstrasi kependudukan di wilayah berpenduduk kurang lebih 72 ribu jiwa tersebut.

Baca Juga :  Pelapasan Satgas Yonif 711 Rakasatama ke Papua Nugini, Ini Pesan Wali Kota Palu

Camat Palu Selatan, Goenawan menjelaskan, penghargaan yang diraih tersebut karena pelayanan sistem on-line yang mereka terapkan. Yakni perekaman e-KTP, kartu keluarga, kartu identitas anak, akta kelahiran, akta kematian, surat keterangan pindah, layanan pemerintahan, hingga SKPT dan surat penyerahan.

Menurutnya dalam melayani permohonan atas urusan administrasi, saat ini warga cukup mengajukan pendaftaran dan pengajuan syarat melalui aplikasi WhatsApp pada nomor layanan yang telah disediakan.

Setelah adanya penghargaan itu, pihaknya kata dia akan berupaya kembali meningkatkan kualitas pelayanan tersebut.

Goenawan berencana agar seluruh pelayanan nantinya tidak lagi perlu bertatap muka mulai dari pendaftaran hingga pengajuan berkas persyaratan. Setelah terbit, dokumennya langsung diantarkan ke rumah warga.

Misalnya untuk pembuatan e-KTP. Masyarakat cukup mendaftar melalui aplikasi WhatsApp dengan melampirkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Setelah berproses pada pencetakan, maka warga tidak perlu datang untuk mengambil langsung dokumen itu ke kantor camat.

Baca Juga :  Ini Struktur Pengurus Perbakin Kota Palu Periode 2021-2025

Pihaknya akan menugaskan pegawainya untuk mengantar langsung dokumen tersebut ke alamat warga bersangkutan.

“Jadi semacam sistem delivery. Setelah dokumennya jadi, itu langsung kita antarkan ke rumah warga sesuai alamat,”jelas Goenawan, Kamis 24 Agustus 2023.

Untuk layanan pengantaran berkas ini, pihaknya akan menyiagakan dua petugas yang khusus melakukan pengantaran tersebut. Dua petugas ini akan mengantar dengan pembagian wilayah kerja masing-masing.

Goenawan merinci, Kecamatan Palu Selatan terdiri dari 5 kelurahan. Yakni Kelurahan Birobuli Utara, Petobo, Birobuli Selatan, Tatura Selatan dan Tatura Utara. Satu petugas akan melayani dua kelurahan dan satunya lagi melayani pengantaran untuk tiga kelurahan.

“Petugas di kecamatan ini nanti akan kami SK-kan khusus, dengan biaya operasional dan BBM. Termasuk melengkapi mereka dengan rompi,”paparnya.

Baca Juga :  Terkait Kota Ramah Keluarga, Tim Apeksi Temui Ketua PKK Kota Palu

Sejauh ini ujarnya, jika dokumen yang dimohonkan telah selesai, pihaknya masih sebatas menginformasikan melalui sambungan telefon atau pesan Watsapp untuk mengambil berkas di kantor kecamatan.

“Layanan antar langsung ini sudah kami programkan untuk tahun depan,”ucapnya.

Goenawan memastikan seluruh pelayanan administrasi yang dilakukan di Kantor Kecamatan Palu Selatan, gratis tanpa biaya serta pelayanan cepat sepanjang warga melengkapi persyaratannya.

“Untuk layanan surat-menyurat dan administrasi lainnya itu bisa 30 menit selesai jika persyaratan lengkap,”katanya.

Selain pelaya antar berkas itu, pohakn pun berencana mengintegrasikan pelayanan langsung ke sistem di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

“Kemudahan pelayanan itu prinsipnya adalah tidak menyita waktu. Ini pelayanan terukur dan memang tugas pemerintah adalah melayani bukan penguasa,”demikian Goenawan (TIM).

 

Pos terkait