Tarian Paguyuban Suku Sasak Lombok Desa Koninis Memukau Event International

BANGGAI, CS – Paguyuban Suku Sasak Lombok Desa Koninis, Kecamatan Simpang Raya, tampil memukau penonton pada event International Teluk Lalong Festival (ITLF) Tahun 2023 yang digelar di Taman RTH Teluk Lalong, Jumat 25 Agustus 2023 malam.

Dihadapan ratusan penonton, perwakilan paguyuban yang merupakan binaan Kepala Desa Koninis Rudianto Maatu tersebut, menampilkan tarian Peresean.

Bagi suku Lombok, tarian peresean ini menceritakan tentang tradisi adu ketangkasan untuk memilih pemimpin perang. Tarian ini juga  konon diyakini sebagai ajang untuk membuktikan kekuatan dan jenis ilmu yang dimiliki.

Baca Juga :  Dinas Damkar Banggai Tepis Adanya Penjualan APAR ke Perusahaan

Berdasarkan perkembangannya, tarian ini kemudian menjadi tarian yang diperuntukan untuk menghibur raja dan permaisuri di kerajaan Lombok.

Kepala Desa Koninis, Rudianto Maatu, kepada wartawan Channelsulawesi.id, mengatakan, alasannya memboyong paguyuban suku sasak Lombok dalam kegiatan ITLF l, sebagai bentuk penghargaan dan komitmennya untuk membangkitkan kecintaan warganya terhadap warisan leluhur.

Menurut Rudi, mempertahankan tradisi yang menjadi warisan leluhur adalah sebuah kewajiban setiap suku. Sebab, kita ketahui bersama bahwa, Negara Indonesia adalah suatu bangsa yang majemuk. Dimana ada begitu banyak sekumpulan perbedaan dalam hal agama, bahasa, kebudayaan, pandangan hidup dan adat istiadatnya.

Baca Juga :  Hadiri Rakorwil PKB, Bupati Banggai : Partai ini Punya Kontribusi Besar Menangkan Saya di Pilkada

Sehingga, sebagai seorang pemimpin di desa, ia bertanggung jawab untuk mengikut sertakan paguyuban suku sasak Lombok agar bisa mengikuti event level Internasional ini.

Meski terbilang dadakan dalam mempersiapkan segala sesuatunya, namun suami dari Haeria Lawero ini sangat bangga terhadap kreatifitas warganya yang bisa tampil dengan peserta dari manca negara.

“Meskipun hanya dua hari mempersiapkan segala kebutuhan tarian, alhamdulillah malam ini mereka bisa tampil mempromosikan kebudayaannya dan ditonton langsung oleh peserta dari negara luar,” ucap mantan Kepala Desa Dongkalan Kecamatan Pagimana tersebut.

Baca Juga :  PGSD Untad Sukses Gelar Festival Tadulako 2023

Diinformasikan, kegiatan International Teluk Lalong Festival (ITLF) Tahun 2023 digelar oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Banggai, dan dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sulawesi Tengah Fahrudin D Yambas, Kamis 24 Agustus 2023, malam.

Festival tersebut dilaksanakan selama sepekan sejak 24-30 Agustus 2023, dengan menghadirkan peserta dari lima Negara, yakni, Latvia, Estonia, Lithuania, Korea Selatan, dan Thailand. (AMLIN)

Pos terkait