Banjir Bandang di Desa Dampal Donggala, 2 Orang Luka-luka dan Ratusan Jiwa Mengungsi

Suasana Desa Dampal, Kecamatan Sirenja, Minggu 23 Juni 2024 pagi. (FOTO : Istimewa)

DONGGALA, CS – Desa Dampal, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, diguncang banjir bandang, Minggu 23 Juni 2024, pukul 05.30 WITA, akibat hujan deras yang menyebabkan sungai meluap.

Banjir bandang ini terjadi di Dusun I, II, dan III, mengakibatkan kerusakan signifikan terhadap pemukiman warga.

Bacaan Lainnya

Menurut laporan dari Pusat Pengendalian Operasi (PUSDALOPS) Tagana Center, banjir bandang yang disebabkan oleh meluapnya Sungai Desa Sipi tersebut telah menimbulkan dampak serius.

Baca Juga :  DPRD Donggala Ketambahan Lima Kursi Tahun 2024

Berdasarkan catatan di lapangan dampak akibat banjir itu. Diantaranya,  Sekitar 250 keluarga atau sekitar 896 jiwa terdampak langsung. 9 keluarga dari Dusun II mengungsi akibat terendamnya permukiman mereka. Terdapat 2 orang yang mengalami luka-luka. Satu unit rumah dilaporkan hanyut terseret arus banjir.

Tim reaksi cepat (tagana) dari tingkat kabupaten maupun provinsi segera dikerahkan untuk melakukan koordinasi dan evaluasi langsung di lapangan, guna menyediakan bantuan serta evakuasi bagi korban terdampak. Saat ini, persiapan bantuan makanan siap saji dan air mineral sedang dipersiapkan untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Baca Juga :  Surat Pernyataan Dukung Balon Bupati Donggala Viral, Ini Tanggapan Ombudsman

Pemerintah daerah setempat bersama BPBD terus berupaya maksimal dalam menangani situasi ini dengan memprioritaskan kebutuhan mendesak seperti makanan, air bersih, serta perawatan medis bagi korban luka.

Masyarakat diminta untuk tetap waspada dan siap siaga menghadapi kemungkinan bencana alam lainnya di musim penghujan ini. **

YAMIN

Pos terkait