Gempita Merdeka: Indonesia Fair 2024 Semarakkan HUT ke-79 RI di Beijing

Kemeriahan, kegiatan Gempita Merdeka, Indonesia Fair 2024, semarakkan perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Beijing.(Foto: Ist)

BEIJING,CS – KBRI Beijing bekerja sama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Beijing, Kantor Dagang dan Industri Indonesia Komite Tiongkok (KIKT), Adaro, Indonesia Chamber of Commerce in China (INACHAM) dan Kuaishou kembali menggelar Gempita Merdeka: Indonesia Fair 2024, Pameran Produk dan Budaya Indonesia terbesar di Tiongkok sekaligus untuk perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 di halaman KBRIB eijing.

Antusiasme pengunjung hadir di Gempita Merdeka: Indonesia Fair sangat besar. Bahkan registrasi untuk kegiatan tersebut telah penuh sejak 2 hari sebelum penyelenggaraan.

Sekitar 6000 pengunjung baik para Duta Besar Negara Asing serta kalangan diplomatik, pengusaha RRT, media setempat,warga negara Indonesia, warga negara asing maupun masyarakat lokal memadati Gempita Merdeka: Indonesia Fair yang digelar selama sehari penuh.

Dubes RI Beijing Djauhari
Oratmangun, saat membuka Gempita Merdeka. Indonesia Fair 2024 Indonesia mengatakan, bahwa Indonesia adalah negara dengan 17.000 pulau, menawarkan pengalaman yang unik bagi wisatawan. Mulai dari Kota Metropolitan Jakarta dengan gedung pencakar langitnya hingga Raja Ampat di Papua Barat Daya dengan keindahan alam yang masih alami.

Baca Juga :  Surat Pernyataan Eks Bupati Morowali Anwar Hafid Diduga Cacat Hukum, Guru Besar Hukum Soroti Potensi Pidana

“Sebagaimana diketahui, Indonesia akan memindahkan Ibukota dari Jakarta ke Nusantara di pulau terbesar ketiga di dunia, yaitu Kalimantan. Pemindahan Ibukota Indonesia ke Nusantara merupakan bukti kemajuan bangsa Indonesia dan harapan untuk masa depan yang lebih cerah untuk menyongsong Indonesia Maju 2045,” ungkapnya.

Selepas upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, para pengunjung memadati halaman KBRI Beijing untuk menikmati hiburan, berjoget bersama dan
berburu produk-produk ekspor Indonesia yang telah memasuki pasar Tiongkok.

Produk itu antara lain sarang burung Yan Ty Ty, Indomie, Kapal Api, Mayora, Tempe Rusto, Papatonk, dan lain sebagainya. Tak lupa mereka juga menyerbu warung-warung yang menjajakan aneka makanan dan cemilan khas Indonesia, mulai dari Nasi Kapau, Soto Betawi, Sate Padang, Es Teler, Batagor, Klepen, dan Es Cendol.

Baca Juga :  Jasa Raharja Raih Penghargaan "The Strategic Partnership of The Year" di Insurance Asia Awards 2024

Tak hanya itu, Indonesia Fair juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya dari Indonesia. Terdapat bintang tamu yang didatangkan khusus dari Indonesia yaitu Dharma Oratmangun, Elvi Zubay, Ongen
dan Indra Lubis serta serta tarian tradisional Indonesia yang dibawakan Sanggar Tari Yingde yang keempat penarinya merupakan WN RRT yang fasih berbahasa Indonesia.

Para pengunjung Indonesia Fair juga dibuat terpukau dengan Tarian dan nyanyian yang dibawakan Tim Kesenian dari Provinsi Papua Barat Daya, serta Mahasiswa Papua yang kuliah di Jining Polytechnic, Provinsi Shandong, Papua.

Tak hanya lagu Indonesia, mereka juga menyanyikan lagu Mandarin Ming Tian Hui Geng Hao yang juga memukau pengunjung yang hadir.

Dalam memberikan pelindungan terhadap WNI, KBRI Beijing juga membuka Warung Konsuler dalam Gempita Merdeka: Indonesia Fair 2024.

Pelayanan diberikan bermacam-macam mulai dari lapor diri hingga konsultasi
terkait keimigrasian dan kekonsuleran. Kegiatan Gempita Merdeka: Indonesia Fair 2024 merupakan yang kedua kalinya
dilaksanakan setelah pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Agar Kendaraan Tidak Bodong, Jasa Raharja Imbau Pemilik Kendaraan Jangan Abaikan Surat Peringatan

Kolonel Kav I Gede Masa, selaku ketua panitia besar menjelaskan bahwa dalam rangka HUT RI ke-79 tahun 2024 dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan sejak 30 Juni 2024. Diawali dengan camping dan perlombaan anak-anak maupun dewasa di Chaoyang Park Beijing, Pertandingan Olah Raga, Upacara Bendera dan Indonesia Fair, nanti pada bulan September rencana akan dilanjutkan acara Resepsi Diplomatik dan Forum Bisnis.

Tahun lalu menurutnya Indonesia Fair dilaksanakan pada Mei 2023 serta dihadiri sekitar 5000 orang secara offline,” ucapnya.

Tahun ini, pada pagi hari 17 Agustus 2024, KBRI Beijing menggelar Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dengan khidmat, sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan pejuang kemerdekaan,”tambahnya.

“Terdapat sekitar 300 orang menghadiri upacara tersebut termasuk masyarakat Indonesia, mahasiswa, pengusaha, Guiqiao, diaspora dan Indonesianis termasuk Youtuber “Yenny di China,”demikian I Gede Masa (***)

Pos terkait