Orientasi 85 Anggota DPRD Periode 2024-2029, Gubernur Sulteng Pesan Pentingkan Kerjasama dan Komunikasi

Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura smembuka orientasi bagi 85 anggota DPRD terpilih hasil Pemilu 2024 dari Kabupaten Donggala, Morowali, dan Morowali Utara, di Aula Sinergitas Kantor BPSDM Sulteng, Rabu 4 September 2024. (Foto : Istimewa)

SULTENG, CS – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura membuka kegiatan orientasi bagi 85 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih hasil Pemilu 2024 dari Kabupaten Donggala, Morowali, dan Morowali Utara.

Acara ini berlangsung di Aula Sinergitas Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulteng, Rabu 4 September 2024.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Drs. Yusman Mahbub Pj Bupati Morowali

Dalam sambutannya, Gubernur Rusdy Mastura mengucapkan selamat kepada seluruh anggota legislatif yang baru terpilih dan memberikan arahan penting mengenai tugas dan tanggung jawab mereka sebagai wakil rakyat.

“Selamat adik-adik yang sudah terpilih, semoga bisa membawa Sulawesi Tengah lebih maju dan sejahtera,” ucap Gubernur.

Gubernur menekankan pentingnya membangun kerjasama yang baik antara legislatif dan eksekutif untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di daerah masing-masing.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya komunikasi yang baik agar aspirasi rakyat dapat selalu didengar dan diperjuangkan.

Gubernur Rusdy juga menyoroti pentingnya upaya bersama untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) guna mengurangi ketergantungan pada dana transfer dari pemerintah pusat.

Baca Juga :  Ke Rumah Dr Salim, UAS: Silaturahim Menambah Keberkahan

Ia mencontohkan, dalam tiga tahun terakhir, Pemerintah Provinsi Sulteng telah berhasil mengoptimalkan sumber pendapatan dari pajak kendaraan dan air permukaan, yang meningkatkan PAD dari Rp900 miliar pada 2021 menjadi Rp2,2 triliun di 2024.

“Kita harus berpikir bagaimana meningkatkan PAD supaya jangan hanya mengandalkan dana transfer dari pusat. Kita harus mampu mendorong adanya kolaborasi dan inovasi dalam menggali potensi fiskal di setiap kabupaten,” tegasnya.

Melalui orientasi ini, Gubernur berharap agar para anggota DPRD terpilih dapat belajar lebih dalam mengenai tugas mereka dan melaksanakan tanggung jawabnya dengan penuh amanah.

Baca Juga :  Gubernur Sulteng Terima Surat Dukungan Operasional PT Trio Kencana dari Tokoh Masyarakat Kasimbar

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Biro Hukum Adiman, Plt Kepala BPSDM Sulteng, Dr. Moh. Yasin Baculu, serta para sekretaris DPRD dari Kabupaten Donggala, Morowali, dan Morowali Utara, serta para widyaiswara. **

Pos terkait