Pjs Gubernur Sulteng Resmi Luncurkan SITARU Berbasis Web

Suasana ekspose dan launching pengembangan WEB Sistem Informasi Penataan Ruang (SITARU) Provinsi Sulteng Tahun 2024, di Kantor Gubernur Sulteng, Senin 30 September 2024. (Foto : dok Humas Pemprov Sulteng)

PALU, CS – Pjs Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Dra. Novalina, MM, secara resmi membuka kegiatan Ekspose dan Launching Pengembangan WEB Sistem Informasi Penataan Ruang (SITARU) Provinsi Sulteng Tahun 2024.

Acara ini digelar di Ruang Polibu, Kantor Gubernur Sulteng, Senin 30 September 2024, dan dihadiri sejumlah perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Provinsi Sulteng serta pejabat terkait.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Di Pansus Rehab Rekon DPRD Palu, Ini Suara Ridwan Basatu

Pengembangan SITARU ini bertujuan untuk mempermudah akses informasi mengenai tata ruang bagi masyarakat, pelaku usaha, serta lembaga pemerintah. Melalui platform berbasis web, SITARU menyediakan informasi mengenai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Sulteng tahun 2023-2024, termasuk data spasial yang memudahkan proses perencanaan, pemanfaatan, dan pengendalian ruang.

Dalam sambutannya, Pjs. Gubernur Novalina menyampaikan apresiasi kepada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang serta semua pihak yang terlibat dalam pengembangan SITARU.

“Kedepan, Sistem Informasi Penataan Ruang (SITARU) ini saya harap bisa menjadi media informasi yang mampu menyimpan dan menyampaikan data spasial dari seluruh OPD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Baca Juga :  Pjs Gubernur Sulteng Rapat Kesiapan Pilkada Serentak di Kabupaten Poso

Selain itu, SITARU diharapkan dapat mempermudah masyarakat dan pelaku usaha dalam mengakses informasi spasial yang dibutuhkan, sehingga dapat mempercepat proses pembangunan yang sesuai dengan rencana tata ruang wilayah. Platform ini juga menyajikan Sistem Informasi Geospasial berbasis website yang mudah dioperasikan oleh berbagai kalangan.

Setelah acara peresmian, kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama sebagai bentuk komitmen dalam pengembangan sistem informasi yang mendukung penataan ruang yang efektif dan efisien di Sulawesi Tengah. **

Pos terkait