Jasa Raharja dan Organda Tingkatkan Keselamatan Jalan Nasional melalui Mukernas III

Suasana pembukaan Mukernas Organda III Periode 2021-2026, yang berlangsung di Alila Hotel, Solo, Selasa 8 Oktober 2024. (Foto : dok Humas Jasa Raharja)

SOLO, CS – Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, memaparkan sejumlah langkah strategis dalam pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Organisasi Angkutan Darat (Organda) III Periode 2021-2026, yang berlangsung di Alila Hotel, Solo, Selasa 8 Oktober 2024.

Langkah-langkah tersebut diambil bersama seluruh mitra kerja terkait, dengan fokus pada peningkatan keselamatan lalu lintas.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Graduasi KPM PKH Tahun 2020 Melebihi Target, Sulteng sebanyak 10.366

Salah satu pencapaian penting yang diungkap Rivan adalah kesesuaian data kecelakaan lalu lintas nasional dengan data Korlantas Polri yang kini mencapai 100 persen.

Keberhasilan ini, menurutnya, tercapai melalui ekosistem kerja sama yang kuat antara Jasa Raharja dan Korlantas, yang berdampak pada penurunan angka kecelakaan lalu lintas secara nasional.

“Bagi kami, yang terpenting bukan hanya tentang santunan, tetapi bagaimana menjaga masyarakat tetap selamat. Oleh karena itu, kami aktif dalam kegiatan preemtif dan preventif terkait keselamatan jalan,” ujar Rivan.

Rivan menambahkan, kecepatan pelayanan Jasa Raharja kini didukung oleh sinergi yang baik antara sistem IRSMS Korlantas Polri dan standar pelayanan di rumah sakit.

Baca Juga :  Gelorakan Keselamatan Lalu Lintas, Jasa Raharja Gelar FGD

Sistem ini memungkinkan korban kecelakaan mendapatkan pelayanan hanya dengan melengkapi laporan polisi secara online di rumah sakit, sehingga proses selesai lebih cepat dan efektif. Langkah ini terbukti menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan hingga lebih dari 28 persen.

Dalam Mukernas ini, Rivan berharap semangat keselamatan jalan terus ditingkatkan demi memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat.

“Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat informasi untuk menjaga keselamatan jalan masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Mukernas yang berlangsung dari 8 hingga 10 Oktober 2024 ini mengusung tema “Semangat Keselamatan Angkutan Jalan untuk Indonesia Maju”, dengan agenda utama membahas program kepedulian terhadap kendaraan, ketersediaan BBM, serta inovasi pelayanan penumpang dan barang.

Baca Juga :  Pengalaman Dokter Twindy Melawan Covid-19

Berbagai tokoh penting turut hadir dalam Mukernas ini, termasuk Ketua Umum Organda Adrianto Djokosoetono, Dirjen Perhubungan Darat Irjen Pol. Risyapudin Nursin, serta sejumlah pejabat dan tokoh daerah lainnya. **

Pos terkait