Pilkades di Morowalli Berstatus Rawan, 150 Personel Polisi Dikerahkan

Suasana pelepasan pasukan pengaman dan logistik Pilkades, di Halaman Kantor Dinas Pemdes Morowali, Kamis 21 Oktober 2021. (FOTO : channelsulawesi.id)

MOROWALI, CS- 150 gabungan personel Polres dan Polsek di Kabupaten Morowali, dikerahkan untuk mengamankan jalannya Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di daerah tersebut.

Pasukan pengamanan itu dilepas oleh Bupati Morowali, Taslim, Kamis 21 Oktober 2021, sekaligus dengan pendistribusian logistik ke 35 desa yang serentak melaksanakan Pilkades.

Bacaan Lainnya

Sebelum menuju tempat pengamanan masing-masing. Pasukan lebih dulu melakukan apel bersama, dipimpin Bupati Morowali Taslim, yang di dampingi Kapolres Morowali AKBP Ardi Rahananto, Danramil Bungku Tengah, Kapten Sukamto dan perwakilan Kejaksaan Negeri Morowali.

Baca Juga :  YWAU Sinergi Pemda Majukan Umat Islam, Ini Harapan KH Adnan Arsal

Dalam kesempatan ini, Bupati Morowali Taslim menyampaikan, dalam Pilkades ini, khusus Kecamatan Bahodopi yakni Desa Bahodopi serta Desa Bahomakmur dikategorikan sangat rawan, menggingat TPS di dua tempat ini daftar pemilih cukup besar jumlahnya.

“Khusus panitia penyelenggara Pilkades diharapkan agar memiliki integritas dalam menjalankan tugas, sehingga penyelenggaran dapat berjalan kondusif,” ucap Taslim.

Bupati juga mengharapkan, agar aparat TNI dan Polri dapat bertanggungjawab dalam melaksanakan tugasnya, mulai dari proses tahapan, masa tenang, saat pemungutan, hingga penghitungan suara sampai dengan pelantikan Kades terpilih.

Baca Juga :  Tuntut IUP PT Trio Kencana Dicabut, Ratusan Massa di Kasimbar Blokade Jalan Penghubung Sulteng-Gorontalo

“Saya berharap, penyelenggaraan Pilkades tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid -19. Sehingga, sampai dengan berakhirnya penyelenggaraan Pikades ini tidak terjadi Klaster Covid- 19,” imbuhnya.

Bupati menyampaikan, bahwa tanggungjawab menjadikan Pilkades sukses dan aman, jangan diserahkan sepenuhnya  kepada aparat TNI dan Polri. Tetapi, semua calon dan juga masyarakat dapat ikut berperan serta.

Dikesempatan ini, Kapolres Morowali AKBP Ardi Rahananto menjelaskan, bahwa kesiapan Polres dalam Pilkades ini sudah dimaksimalkan, dan dimana yang daerah-daerah rawan dan agak rawan tingkat pengamanan dipertebal penjagaannya.

“Secara umum kesiapan pengamanan sudah dimaksimalkan,” aku Kapolres.

Baca Juga :  80 Persen PAD Morowali Bersumber dari IMIP

Penyelenggaraan Pilkades 23 Oktober 2021 dan seluruh logistik Pilkades, saat ini sedang disalurkan ke sembilan Kecamatan yang ada di Kabupaten Morowali. (MRM)

Pos terkait