Tekan Kasus Stunting, BKKBN Sulteng Audensi dengan Pemkab Touna

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Tenny Calvenny Soriton foto bersama jajaran Perwakilan Pemkab Touna, foto bersama usai audensi, Rabu 26 Januari 2022. (FOTO : dok Humas BKKBN Sulteng)

SULTENG, CS – Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah bersama menggelar Audiensi bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tojo Unauna (Touna), membicarakan masalah penanggulangan dan menurunkan angka stunting.

Didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB), Kabupaten Tojo Unauna, disambut Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Unauna, Drs. Syarif Lawedi, di ruang kerjanya, Rabu 26 Januari 2022.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Tanggul Sungai Dopi Jebol, Ini Aksi Warga Padalembara Poso

Mengawali audensi itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Tenny Calvenny Soriton menyampaikan, Tim Pendamping Keluarga (TPK) telah dibentuk, guna mempercepat penurunan angka stunting di Sulteng.

“Sasaran terkini stunting anak di bawah 5 tahun, BKKBN memfasilitasi untuk Tim Pendamping Keluarga. Timnya itu terdiri dari Bidan, Kader PKK dan Kader KB. Dimana target kami di Sulteng 2.484, sementara di Kabupaten Tojo Unauna sendiri ada 146 TPK,” ungkap Tenny.

Menanggapi hal tersebut Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Unauna, yang  mewakili Bupati mengaku, menyambut baik rencana Kepala perwakilan BKKBN Sulteng tersebut.

Baca Juga :  Lukman Tahir Sebut DPRD Sulteng Mitra Strategis Kembangkan SDM Generasi Muda

Menurutnya, dalam rangka penanggulangan dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Touna sangat membutuhkan keterlibatan dan kerja sama seluruh pihak secara terintegrasi.

Kata Syarif, persoalan stunting telah menjadi agenda pembangunan nasional dan Pemerintah Tojo Unauna sudah melakukan study tiru melalui Bappelitbangda, untuk belajar ke Kabupaten Banggai.

“Pak Bupati juga sudah kebeberapa provinsi dan kabupaten untuk belajar tentang percepatan penurunan stunting ini.  Saya tambahkan pak kaper, kami di Touna sudah dua hari ini membahas SK Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) agar kami bisa melaksanakan aksi,” terangnya.

Baca Juga :  Pansus LKPJ DPRD Sulteng Konsultasi ke Kemendagri

Kepala DPPKB Kabupaten Tojo Unauna, Ir. Dalfiah Lahay menambahka, sangat mendukung upaya percepatan penurunan angka stunting.

“Kami juga akan melibatkan Tim Pendamping Keluarga mulai dari Bidan, Kader PKK dan Kader KB semua dilibatkan untuk menekan angka stunting di Kabupaten Tojo Unauna,” timpal Dalfiah.

Turut hadir dalam audiensi itu, Sekretaris BKKBN Provinsi Sulteng dan Kepala Bidang Sosial Bappelitbangda. (MOH. YAMIN)

Pos terkait