Petani Kabupaten Sigi Minta Perketat Pengawasan Distribusi Pupuk Bersubsidi

Ilustrasi pertanian

SIGI, CS – Para petani di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) daerah setempat untuk melakukan pengawasan terhadap penyaluran pupuk bersubsidi.

Langkah ini penting guna mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan dalam penyaluran salah satu kebutuhan pokok petani tersebut.

Bacaan Lainnya

Ketua Kelompok Tani Mutiara, Rauf, di Sigi, Senin 6 Juni 2022 menyampaikan, perlunya pengawasan intensif dalam proses penyaluran pupuk bersubsidi agar betul-betul tepat sasaran atau tersalurkan dengan baik kepada masyarakat petani. Karena, jika tidak diawasi ketat, bisa saja disalahgunakan oleh oknum tertentu.

Baca Juga :  Produksi Beras Parimo Surplus, Petani Malah Rugi

‘’Jadi, kita harapkan pihak terkait betul-betul melakukan pengawasan ketat dalam proses penyaluran pupuk bersubsidi tersebut,’’ katanya.

Petani Kabupaten Sigi, Rauf

Disebutkan, pengawasan itu hendaknya dilakukan mulai dari tingkat distributor hingga ke masyarakat petani. Bahkan bila perlu, pemerintah membentuk tim khusus untuk mengawasi penyaluran atau pendistribusian pupuk bersubsidi tersebut, termasuk ke Wilayah Kabupaten Sigi.

Diakui Rauf, pupuk menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang ingin meningkatkan hasil produksi pertanian maupun perkebunannya.

Pemerintah sendiri mengambil kebijakan memberikan subsidi pupuk kepada petani dengan tujuan meningkatkan kemampuan petani dalam membeli pupuk, serta meningkatkan produktivitas pertanian maupun perkebunan. Bantuan pupuk bersubsidi kepada petani dengan berbagai komoditas baik komoditi strategi maupun komoditas tertentu. Selain jenis komoditas, bantuan juga ditentukan dengan luas lahan garapan. **

Pos terkait