Forum Satu Data Jadi Wadah Komunikasi dan Koordinasi Instansi Pusat dan Daerah

PALU,CS – Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti Pettalolo mengemukakan Forum Satu Data adalah wadah komunikasi dan koordinasi instansi pusat atau daerah untuk penyelenggaraan Satu Data Indonesia.

Demikian Sekkot Palu, Irmayanti Pettalolo dalam Rapat Forum Satu Data Indonesia (SDI) Kota Palu Kamis, 24 November 2022 di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu.

“Untuk forum SDI tingkat Kota Palu sebagai wadah koordinasi antara pengolah, pembina data, walidata, produsen data, dan walidata pendukung. Forum ini menjadi wadah untuk menyepakati daftar data yang akan dikumpul dan menyepakati daftar data untuk menjadi data prioritas daerah dengan merujuk kepada data prioritas nasional yang telah ditetapkan oleh Forum Satu Data Indonesia tingkat pusat,”kata Sekkot mewakili wali kota.

Baca Juga :  Lepas Jenazah Iskandar Djaja, Wali Kota: Pengabdiannya Tak Dapat Terbayarkan

Selain itu, Forum Satu Data Kota Palu juga menjadi wadah untuk menyepakati dan memantau pencapaian rencana aksi Satu Data Indonesia tingkat Kota Palu.

Menurut Sekkot, perkembangan teknologi digital saat ini, sangat memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin mengakses data, dimana saja, dan kapan saja.

Berbagai tampilan informasi data yang disajikan tentu dimaksudkan untuk mempercepat akses bagi para pengguna untuk memperoleh data yang diperlukan.

“Data ini sangat penting dan menjadi acuan kita semua. Saya berharap dengan adanya forum ini akan memudahkan kita dalam memperoleh data yang akurat dan efisien,” ungkapnya.

Baca Juga :  2023 Terjadi 3 Kasus AKI di Palu. Reny: Penyebabnya Harus diketahui

Sekkot juga berharap setelah pertemuan ini, seluruh pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Palu memperbaiki data-data yang ada di instansi masing-masing.

“Tidak ada lagi data yang tidak tersedia di OPD khususnya berkaitan dengan pelaksanaan tugas, fungsi, dan amanah yang diemban OPD tersebut,”pungkasnya (*)

Pos terkait