Bawaslu Sulteng Bimtek Sengketa Antar Peserta Pemilu ke Bawaslu Kabupaten/kota

TOLITOLI,CS – Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulteng Rasyidi Bakry menyebutkan peran Bawaslu beserta jajarannya adalah tonggak demokrasi bangsa.

Kualitas Pemilu sangat ditentukan sikap profesionalitas, dan integritas Bawaslu dan seluruh jajarannya dalam mengawasi Pemilu.

Argumentasi ini dikemukakan Rasyidi dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) penyelesaian sengketa proses acara cepat bagi Panwaslu kecamatan pada Pemilu 2024, Kamis 22 Desember 2022.

Lirik Mars Bawaslu kata dia menyebut “Pengawas Pemilu adalah Tonggak demokrasi bangsa”. Hal itu bermakna masa depan demokrasi bergantung pada sejauh mana peran aktif pengawas dalam mengawal jalannya Pemilu sehingga terhindar dari berbagai praktek kecurangan dan menghasilkan Pemilu Luber dan Jurdil.

Baca Juga :  Polemik "Jatah Preman Buah Impor", Yusuf Lakaseng Dilapor Ke Polisi Oleh Ahmad M. Ali

Tanpa pengawasan, proses Pemilu hanya akan menjadi demokrasi prosedural belaka yang tidak berkontribusi siginifikan bagi penguatan demokrasi secara substantif.

Karena sejatinya demokrasi substantive selalu berjalan linear dengan terwujudnya good governance. Dan dengan itu tentu juga akan berdampak pada kehidupan masyarakat yang lebih baik.

“Karena pemerintahan yang baik tentu mengabdikan semua kebijakan-kebijakannya untuk kepentingan masyarakat,”jelas Rasyidi.

Makanya lanjut Rasyidi, kerja-kerja pengawasan wajib untuk selalu menjaga hubungan baik dengan tokoh-tokoh masyarakat di wilayah masing-masing dan mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya berperan aktif untuk ikut berkontribusi dalam mengawal jalannya Proses Pemilu.

Baca Juga :  Tim Pemenangan Hadianto - Reny Klaim Unggul Lagi di Debat Kedua

Karena sosialisasi itu adalah bagian dari kerja-kerja pencegahan. Apalagi prioritas kerja Bawaslu saat ini adalah pada upaya pencegahan.

Di hadapan peserta kegiatan yang terdiri dari Panwascam se-kabupaten Tolitoli, Rasyidi menjelaskan kepada peserta beberapa hak teknis terkait sengketa antar peserta Pemilu, bagaimana peran dari Panwascam dalam menyelesaikan sengketa antar Peserta Pemilu.

Serta sejauh mana kewenangan Panwascam dalam proses penyelesaian sengketa antarPeserta Pemilu.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Toli Toli Irpan yang mendampingi narasumber sebagai moderator sampai dengan selesainya kegiatan.

Baca Juga :  Ini Motivasi Wijaya Chandra Pilih Jadi Caleg DPRD Sulteng Dapil Kota Palu

Ketua Bawaslu Tolitoli, Fajar menyebut pentingnya kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu kerja-kerja kita di tingkatan Kecamatan.

“Kegiatan ini sangat penting bagi kita sekalian jajaran Bawaslu Kabupaten Tolitoli sampai pada tingkat pengawas kecamatan, untuk menyamakan persepsi kita dalam hal menyelesaikan sengketa khususnya penyelesaian sengketa proses acara cepat,”jelas Fajar (**).

Pos terkait