Miliki 35 Bacaleg Potensial, PKB Banggai Target 1 Fraksi Plus

BANGGAI, CS – Resmi daftarkan 35 Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) di KPU, DPC PKB Kabupaten Banggai optimis raih 1 Fraksi pada Pileg 2024. Pendaftaran tersebut berdasarkan instruksi DPP PKB agar dilakukan serentak pada Sabtu, 13 Mei 2023, pukul 14.00 wita.

Usai melakukan pendaftaran bacaleg, dalam konferensi persnya, Ketua DPC PKB Kabupaten Banggai, H.Syafruddin Husain dihadapan wartawan mengatakan, jika DPC PKB Banggai telah mempersiapkan 35 caleg potensial yang tersebar di 4 Dapil.

Bacaan Lainnya

Untuk mengetahui kemampuan 35 caleg tersebut, Haji Udin sapaanya menjelaskan, pihaknya telah melakukan penjaringan melalui proses panjang dengan melibatkan akdemisi, tokoh agama dan kalangan profesional termasuk tim dari pengurus DPC, untuk melakukan Uji Kompetensi dan Keahlian (UKK).

Baca Juga :  Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Banggai Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Politik

Dengan adanya proses penjaringan tersebut kata Haji Udin, maka kita bisa mengetahui segala bentuk kesiapan semua bacaleg yang kami telah daftarkan ke KPU hari ini. Ia membandingkan dengan pileg 2014 lalu, kali ini menurut sekretaris Komisi 3 tersebut, ada kenaikan 100 persen lebih.

“Dengan komposisi caleg kita hari ini, kami yakin bisa mencapai target 1 fraksi utuh. Bahkan jika terjadi pelemahan pada caleg partai lain, maka kami juga bisa berpeluang mencapai 1 fraksi plus,” tandasnya.

Memang diakuinya, PKB Banggai hanya memiliki 2 kursi dalam kurun 10 tahun. 2 kursi di parlemen Lalong (DPRD Banggai) tersebut di isi Bahtiar Pasman Dapil 1 (Luwuk, Luwuk Selatan, Luwuk Utara, Luwuk Timur, Nambo). Sedang Syafruddin Husain Dapil 4 (Kintom, Batui, Batui Selatan, Moilong, Toili, Toili Barat).

Baca Juga :  Cagub Sulteng Anwar Hafid Dorong Posalia Pandapa Besusu Menjadi Destinasi Ikonik dan Penggerak Ekonomi Palu

Ditanya soal target 1 fraksi plus, saat ini kemampuan bacaleg kami di DPC PKB, hampir merata disemua dapil. Jika dapil 1 dan 4 selama ini ada, maka 1 kursi lagi kami yakini dari dapil 2 (Bualemo, Pagimanan, Lobu, Bunta, Nuhon, Simpang Raya). Sedang untuk dapil 3 (Masama, Lamala, Mantoh,Balantak Selatan, Balantak, Balantak Utara), adalah plusnya.

Karena diakui Aleg 3 periode tersebut, jika dapil 3, selama ini seolah menjadi kursi langganan 4 partai. Dan bacaleg kami hari ini yakin bisa menjadi bagian dari 4 kursi tersebut, jika terjadi pelemahan pada partai. Karena yang kami dorong hari ini tampil di dapil tersebut, adalah figur potensial yang bisa kami andalkan.

Namun diakhir Haji Udin mengungkap, jika semua bacaleg yang ada di PKB, kami lebih menekankan agar dalam menarik simpatik konstituen, tidak harus mengandalkan finansial (uang). Meskipun caleg kami juga memilikinya. Harus ada hal baru yang kita tampilkan. Jika setiap pileg mengandalkan uang sebagai dasar kemenangan, maka jangan heran, jika ada istilah lupa kacang akan kulitnya, dan tidak ada program yang bisa dirasakan oleh masyarakat selama 5 tahun.

Baca Juga :  Herwin Yatim Come Back For Banggai 1

“Hari ini kami yakin bisa mencapai 1 fraksi. Dan 1 fraksi plus itu ketika kami bisa merebut 1 kursi dari dapil 3, dan kami yakin itu terjadi. Karena kami di PKB tidak mengandalkan uang, tapi kami bicara program. Tapi kami juga tidak menolak kalau bicara finansial, karena caleg kami juga siap,”tegas Haji Udin yang saat itu didampingi sekretaris  Munawir Samola dan beberapa pengurus serta bacaleg DPC PKB Banggai. (AMLIN)

Pos terkait