Kabupaten Banggai Capai Kemajuan Signifikan di Bawah Kepemimpinan Amirudin dan Furqanuddin, APBD Naik Desa Tertinggal “Hilang”

Suasana FGD PPDI se Sulteng, di Graha Pemda, Kecamatan Luwuk, Kamis 22 Agustus 2024. (Foto : channelsulawesi.id)

BANGGAI, CS – Di bawah kepemimpinan Bupati, Ir. Amirudin dan Wakil Bupati Furqanuddin Masulili, Kabupaten Banggai mencatatkan kemajuan signifikan, baik dari segi peningkatan anggaran maupun pengembangan desa.

Prestasi tersebut diungkapkan oleh Bupati Amirudin saat membuka kegiatan Fokus Grup Diskusi (FGD) dan Kemah Akbar Aparatur Desa se-Provinsi Sulawesi Tengah, yang digelar di Graha Pemda, Kecamatan Luwuk, Kamis 22 Agustus 2024.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Wabup Banggai Buka Bimbingan Teknis Pengawasan Infrastruktur Sumber Daya Air

Dalam sambutannya di hadapan sekitar 3.000 peserta yang terdiri dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat, kepala desa, dan anggota BPD, Amirudin mengungkapkan bahwa dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Kabupaten Banggai telah mengalami banyak kemajuan berkat program-program yang dilaksanakan berdasarkan visi dan misinya.

Salah satu pencapaian yang paling menonjol adalah peningkatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banggai. Amirudin menyampaikan bahwa APBD yang sebelumnya hanya berkisar Rp 1,9 triliun kini telah meningkat signifikan menjadi Rp 3,1 triliun. Peningkatan ini mencerminkan keberhasilan pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Topang Kesejahteraan Petani, Program READSI Sasar Tujuh Kecamatan di Banggai

Selain itu, Amirudin juga menyoroti kemajuan dalam pengelolaan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, yang berdampak langsung pada perkembangan desa-desa di Kabupaten Banggai. Salah satu pencapaian penting yang diungkapkan adalah tidak adanya lagi desa yang masuk dalam kategori tertinggal. Jika sebelumnya terdapat dua desa yang masuk kategori tertinggal, pada tahun 2024 ini tidak ada lagi desa yang berada dalam kategori tersebut.

Lebih jauh, Amirudin menjelaskan bahwa kategori desa mandiri di Kabupaten Banggai juga mengalami peningkatan yang signifikan. Dari sebelumnya hanya 21 desa, kini jumlah desa mandiri telah bertambah menjadi 56 desa. Selain itu, dari 291 desa di Kabupaten Banggai, terdapat 151 desa yang masuk dalam kategori desa maju, sementara 84 desa lainnya dikategorikan sebagai desa berkembang.

Baca Juga :  Waket DPD Partai Demokrat Sulteng, Pertegas Dukunganya Kepada AT-TM

“Saya berharap, dengan adanya capaian dan inovasi yang telah kita lakukan hari ini, insyaallah bisa menjadikan daerah kita yang terdepan di Provinsi Sulawesi Tengah dan Nasional,” ujar Amirudin, yang juga putra mantan Kepala Desa Toili, saat menutup sambutannya.

Kemajuan yang dicapai di Kabupaten Banggai ini mencerminkan komitmen kuat dari Bupati Amirudin dan Wakil Bupati Furqanuddin Masulili dalam membawa daerah tersebut menuju arah yang lebih baik, tidak hanya di tingkat provinsi tetapi juga di tingkat nasional. (AMLIN)

Pos terkait