Yudisium Mahasiswa Manajemen USN Kolaka Berlangsung Haru

Mahasiswa Prodi Manajemen FISIP USN Kolaka menjalani yudisium, Rabu 27Oktober 2021. Yudisium yang dipimpin dekan tersebut terasa istimewa karena merupakan pertama kali sejak prodi tersebut berdiri tahun 2017. (Foto: Dok Manajemen USN Kolaka)

KOLAKA, CS – Program Studi Manajemen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sembilanbelas November Kolaka akhirnya berhasil menamatkan mahasiswanya. Setelah melaksanakan ujian skripsi selama dua hari, sebanyak sembilan mahasiswa mengikuti yudisium, Rabu 27 Oktober 2021.

Prosesi yudisium yang dipimpin langsung Dekan FISIP USN Kolaka, Nursamsir, SE.,M.Si berlangsung istimewa dan penuh haru.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya, Nursamsir memberikan apresiasi atas usaha dan perjuangan yang dilakukan ketua program studi (prodi), jajaran dosen, dan mahasiswa manajemen FISIP USN Kolaka, sehingga prosesi ujian akhir dan yudisium angkatan pertama ini dapat terlaksana dengan baik. Dekan bahkan tak sungkan menyatakan keharuannya, sembari berharap prodi tetap memaksimalkan keberadaan alumni.

Baca Juga :  DKP Serahkan Dokumen SKKP dan TDKP pada Nelayan di PPI Paranggi

“Bagaimana nanti memberikan kontribusi terhadap almamater, terutama di pengembangan, melalui ikatan alumni. Dan bisa berbagi khusus untuk daerah kita. Terimakasih juga untuk teman-teman dosen sudah melakukannya,” ujar dekan.

Sementara itu, Ketua Prodi Manajemen, Niar Astaginy, S.E.,MM mengatakan pelaksanakan yudisium  melengkapi kesyukuran atas penilaian akreditasi Prodi Manajemen FISIP USN Kolaka yang baru saja diberikan Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ia pun mengatakan apa yang dicapai prodi tersebut tidak lepas dari perhatian dan dukungan pimpinan fakultas dan universitas.

“Kami menghaturkan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada bapak Nursamsir selaku Dekan  FISIP USN Kolaka, bapak Nursamsir, SE.,M.Si dan jajaran wakil dekan, secara khusus bapak Rektor USN Kolaka, Dr.Azhari.,M.Si.,S.STP dan bapak/ibu wakil rektor, sehingga Prodi Manajemen bisa memeroleh kedua pencapaian tersebut,” ujar Niar.  Kepada mahasiswa peserta yudisium agar tidak melupakan almamater dan menjaga marwah kampus merah maron.

Baca Juga :  FISIP USN Kolaka dan FISIP UHO Sinergi Tri Dharma Perguruan Tinggi

Ditambahkan, setelah pelaksanaan yudisum, tinggal selangkah lagi para mahasiswa akan melaksanakan seremonial penamatan di tingkat universitas atau wisuda.

Pada Selasa 26 hingga Rabu 27 Oktober 2021, sepuluh mahasiswa Prodi Manajemen telah mengikuti ujian tutup skripsi. Dari jumlah tersebut, sembilan  di antaranya telah mengikuti yudisium. Mereka adalah angkatan pertama prodi ini, atau saat prodi ini mulai dibuka pada tahun 2017.

Tangis haru masih terlihat saat para mahasiswa melakukan jabat salam dan mengucapkan terimakasih kepada dekan dan para dosen  usai yudisium.  Mewakili rekan-rekannya, Safrin (21)  menghaturkan syukur atas kesempatan menimba ilmu di Prodi Manajemen FISIP USN Kolaka. Mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen itu mengatakan selama kuliah, mahasiswa senantiasa dibekali dengan pengetahuan akademik dan program-program keahlian lainnya yang mendukung pengembangan kompetensi, seperti kewirausahaan, entrepereneur corner, dan studio belajar. “Sehingga saat lulus atau menjadi wisudawan tidak sekadar menjadi kosong,” katanya.

Baca Juga :  Polres Morowali Tempati Gedung Baru

Dengan arahan rektor, dekan dan ketua prodi, para dosen berupaya agar mahasiswa di lingkup FISIP USN Kolaka ikut mendukung visi Kampus Merdeka-Merdeka Belajar yang saat ini digaungkan Mendikbud Dikti, Nadiem Makarim. Sedapat mungkin, mahasiswa diperkenalkan dengan berbagai keterampilan atau kecakapan, baik hard skill maupun soft skill, sebagai bekal menghadapi era disrupsi dan Revolusi 4.0 dewasa ini. (IS)

Pos terkait