Operasi Ketupat Tinombala Polda Sulteng Tahun Ini Berkekuatan 4. 184 Personel

PALU,CS – Apel gelar pasukan operasi ketupat tinombala dilaksanakan Kepolisian Daerah (Polda) Sulteng, Jumat 22 April 2022 di Halaman Polda Sulteng. Operasi ini merupakan operasi pengamanan hari raya idul Fitri 1443 Hijriyah.

Kapolda Sulteng Irjen Pol Drs Rudi Sjufahriadi memimpin langsung apel sekaligus membacakan amanat tertulis Kapolri Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo M Si.

Berkaitan operasi ketupat, Kabid Humas Polda Sulteng Kombespol Didik Suprapto mengemukakan kali ini operasi ketupat Tinombala akan melibatkan 4.184 personel gabungan. Yang terdiri dari Polda Sulteng,Polres jajaran, TNI instansi terkait dan mitra Kamtibmas.

Baca Juga :  Temui LS ADI, Kasubag Humpro DPRD Sulteng Siap Fasilitasi Bertemu Legislator

Operasi Ketupat Tinombala 2022 ini rencananya akan berlangsung selama 12 hari. Mulai tanggal 28 April 2022 sampai dengan 9 Mei 2022.

“Total personil yang dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi sebanyak 4.184 personil terdiri dari Polda Sulteng, Polres jajaran, TNI, Instansi terkait dan mitra Kamtibmas,”ungkap Didik kepada wartawan.

Selain itu menurut Didik, operasi ketupat juga akan membuka sebanyak 71 pos pengamanan, 21 pos pelayanan dan 2 pos terpadu dalam wilayah Polda Sulteng,

Pos pengamanan ini akan bertugas menyelenggarakan pengamanan dari gangguan Kamtibmas dan kamseltibcar lantas. Seperti jalur trans Sulawesi, komplek perumahan dan rumah ibadah.

Baca Juga :  Penggunaan Dana Munas XI KAHMI didampingi BPKP Sulteng

“Sedangkan pos pelayanan dan pos terpadu melaksanakan tugas pengamanan di objek-objek tertentu seperti pusat keramaian, pusat belanja, terminal, bandara, pelabuhan dan tempat wisata,” jelas Kabidhumas.

Ia juga menerangkan, untuk mengantisipasi pelaku perjalanan dalam negeri, pihaknya akan memaksimalkan kegiatan posko di terminal, bandar udara dan pelabuhan.

“Posko ini bukan hanya sekedar menjadi posko pengamanan dan pelayanan, namun juga berfungsi untuk mengendalikan penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2022 kali ini mengangkat tema wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga :  Belasan Jurnalis Latbak di Mako Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulteng

Turut hadir dalam apel adalah Unsur Forkopimda Provinsi Sulteng, Wakapolda Sulteng, Seluruh pejabat utama Polda Sulteng, Kepala Dinas/Instansi serta pasukan upacara dari TNI, Polri, Satpol PP, Basarnas, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Senkom dan mitra kamtibmas.(**/TIM).

Pos terkait