Dorong Pemulihan Ekonomi, Mahasiswa Manajemen USN Kolaka Gelar Dialog Kewirausahaan

Suasana dialog terbuka untuk mahasiswa dan umum. (FOTO : channelsulawesi.id)

KOLAKA, CS – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka belum lama ini menggelar  dialog terbuka untuk mahasiswa dan umum.  Kegiatan dengan tema ‘Peran Kewirausahaan dalam Recovery Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19’ ini dirangkaikan dengan bazaar mahasiswa.

Ketua HMPS Manajemen, Rindi Andika,  mengatakan dialog tersebut merupakan upaya membangun kesadaran mahasiswa mengenai peran strategis kewirausahaan dalam menjaga ketahanan ekonomi, secara khusus pasca pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Pemkab Donggala Resmikan Markas PMI

Ketua Program Studi Manajemen FISIP USN Kolaka, Niar Astaginy, SE.,M.Si  mengapresiasi  penyelenggaraan dialog kewirausahaan tersebut. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memfasilitasi mimbar akademik dan meningkatkan critical thinking atau pemikiran kritis mahasiswa sebagai agent of change atau agen perubahan di masyarakat. Tema dialog  yang digagas mahasiswa manajemen ini sejalan dengan visi dan misi Program Studi Manajemen FISIP USN Kolaka untuk menghasilkan alumni dengan karakter kewirausahaan.

“Kami berupaya semaksimal mungkin agar kehadiran kampus USN Kolaka bisa memberikan dampak yang positif bagi mahasiswa dan masyarakat di sekitar kampus. Hal ini sesuai dengan pesan yang senantiasa disampaikan Rektor USN Kolaka, bapak Dr. Azhari, S.STP.,M.Si, dan Dekan FISIP USN Kolaka, bapak Nursamsir, SE.,M.Si, dalam berbagai kesempatan,” jelasnya.

Baca Juga :  Sambut IKN, Dispar Donggala Persiapkan Sejumlah Destinasi Wisata Unggulan

HMPS Manajemen menghadirkan tiga pembicara dari akademisi dan pelaku usaha sebagai pemantik diskusi.  Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan  FISIP USN Kolaka, Kartomo, S.Pd., M. Ec. Dev.,  selaku pembicara pertama memaparkan kondisi ekonomi dari sudut pandang mikro dan makro.

Dr. Almansyah Rundu Wonua, S.Pi., M.Si.M, sebagai pembicara kedua menjelaskan bagaimana upaya pemulihan ekonomi yang telah dilakukan oleh pemerintah, termasuk peran kewirausahaan melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi. Pembicara ketiga, Urfiana adalah mahasiswi Prodi Manajemen FISIP USN Kolaka. Ia memaparkan pengalamannya berwirausaha, termasuk kiat-kiat dan upaya mempertahankan bisnis di masa-masa sulit.

Baca Juga :  Jelang Idul Adha, Pemkot Palu Rapat Bersama Camat dan Lurah Bahas ini

Dialog yang berlangsung di salah satu kafe sekitar  kampus USN Kolaka, Desa Popalia, Kecamatan Tanggeetada, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, dikemas secara interaktif dan ringan sehingga mendapat antusias pengunjung.  Mewakili masyarakat, Ilham S.T., berharap dialog serupa rutin dihelat sebagai bagian dari edukasi kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM.

“Dialog-dialog yang mengangkat isu-isu terkini seperti yang diangkat oleh Prodi Manajemen ini sangat berarti dalam menambah khasanah pengetahuan mahasiswa,” kata Miftahuddin, mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan.  (INDAR)

Pos terkait