Jadi Pemateri di Seminar FKIP Untad, Syamsuddin : Pemimpin yang Baik Harus Miliki Karakter

Dekan Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu, Syamsuddin, S.S, M.Si, menjadi narasumber seminar manajemen kepemimpinan di Gedung Serbaguna FKIP Untad Palu, Selasa 1 November 2022. (FOTO : Istimewa)

PALU, CS – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad) melaksanakan seminar manajemen kepemimpinan di Gedung Serbaguna FKIP Untad Palu, Selasa 1 November 2022.

Kegiatan yang berlangsung sehari  itu, diikuti puluhan mahasiswa dan menghadirkan pemateri, Dekan Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, Syamsuddin, S.S, M.Si,

Bacaan Lainnya

Seminar Manajemen Kepemimpinan ini dibuka langsung Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FKIP Untad, Dr. Iskandar M. Hum, didampingi Ketua Panitia, Asrianti, S.Pd, M.Pd.

Baca Juga :  Mahasiswa Untad Praktikum Keberlanjutan BCF di Pesisir Pantai Kota Luwuk

Dalam sambutannya, Iskandar menyampaikan jika seminar tersebut bertujuan untuk memberikan bekal wawasan dan ilmu pengetahuan kepada mahasiswa tentang kepemimpinan.

‘’Seminar ini sangat bermanfaat bagi adik-adik mahasiswa, untuk menambah wawasan atau ilmu pengetahuan tentang manajemen kepemimpinan,’’ ucapnya.

Lanjut Iskandar,  sebagai calon pemimpin masa depan, mahasiswa tentunya tidak hanya fokus belajar tentang ilmu pengetahuan sesuai disiplin ilmunya di kampus. Selain itu juga harus menambah wawasannya tentang berbagai keilmuan lainnya.

Narasumber seminar, Syamsuddin, S.S, M.Si dalam materinya di hadapan peserta memaparkan bagaimana karakter pemimpin yang baik, serta mengenali type atau gaya kepemimpinan.

Baca Juga :  Tahun Ini 150 Peserta Pelatihan ISO Asal Palu ditarget Bekerja di Jepang

Disebutkannya, untuk menjadi pemimpin yang baik harus memiliki karakter. Antara lain, harus inovatif, kreatif, mengembangkan organisasi, inspiratif, punya wawasan jangka panjang dan selalu menginginkan perubahan.

Dekan Fakultas Sastra Unisa Palu ini juga menguraikan, gaya kepemimpinan yang ada antara lain, otokratis, militeristis, paternalistis, kharismatik dan demokratis. Menurutnya, dari lima gaya tersebut, dua diantaranya, cocok untuk diterapkan yakni kharismatik dan demokratis.

‘’Dalam perkembangan zaman ini, memang ada banyak gaya kepemimpinan. Namun yang ideal adalah tipe demokratis dan kharismatik,’’ tandasnya. **

Pos terkait