Pemkot Palu Kaji Pengembangan Kawasan Palu Plaza

Asisten III Pemkot Palu Imran Lataha dalam kegiatan kajian penataan dan pengembangan kawasan Palu Plaza, Rabu 16 November 2022 di aula Kantor Lurah Siranindi Kecamatan Palu Barat (Foto:IST)

PALU,CS – Wali Kota Palu melalui Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palu Imran Lataha, menghadiri sekaligus menyampaikan sambutan dalam kegiatan kajian penataan dan  pengembangan kawasan Palu Plaza, Rabu 16 November 2022 di aula Kantor Lurah Siranindi Kecamatan Palu Barat. Kajian pengembangan itu dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Palu.

Imram dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa Kawasan Palu Plaza sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Hingga kini aktivitas perekonomian dan kegiatan sosial terus menggeliat.

Palu plaza menurutnya menjadi salah satu alternatif tempat berbelanja bagi masyarakat Palu dan sekitarnya. Pasar ini tidak hanya menyediakan kebutuhan sandang seperti pakaian dan lain lain, namun juga tersedia kebutuhan pangan seperti makanan, minuman, dan penganan lainnya.

Baca Juga :  Dewas Tak Hadiri Serah Terima Barang Daerah, Wali Kota diminta Evaluasi Bagian Ekonomi dan Direksi PDAM

Secara letak geografis, kawasan ini berada di sekitar kawasan wisata religi Sis Aljufri Palu. Perpaduan antara kawasan wisata dengan kawasan perdagangan dan jasa akan menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung ke depannya.

Kawasan pasar Palu Plaza ini ditetapkan melalui dokumen rencana tata ruang wilayah Kota Palu sebagai  kawasan perdagangan dan jasa. Hal ini akan memiliki peran penting bagi perekonomian dan kegiatan sosial masyarakat.

“Pertimbangan ini, menjadikan saya semakin bersemangat untuk merevitalisasi kawasan palu plaza. Kita ketahui bersama bahwa geliat ekonomi dan pemanfaatan ruang serta kawasan Palu Plaza belum maksimal. Masih terlihat konsentrasi aktivitas ekonomi pada titik tertentu, belum merata pada seluruh wilayah Palu Plaza”kata Imran.

Imran berharap seminar hasil kajian penataan dan pengembangan kawasan Palu Plaza memberikan informasi yang utuh dan menyeluruh kepada seluruh pelaku ekonomi di Palu Plaza dan masyarakat pengguna.

Baca Juga :  Kajari Palu Irwan Datuinding, Putra Daerah Kelahiran Palu

“Kita mau kawasan Palu Plaza menjadi kawasan yang tertata, bersih, indah, dan nyaman bagi seluruh masyarakat yang berada di kawasan Palu Plaza. Hingga masyarakat akan menjadikan kawasan Palu Plaza sebagai obyek wisata belanja dan kuliner,”jelasnya

Penataan dan pengembangan kawasan Palu Plaza diharapkan juga sebut Imran dapat meningkatkan aktivitas perekonomian di wilayah Palu Barat, yang berdampak pada penurunan tingkat pengangguran terbuka, hingga pada akhirnya masyarakat makin sejahtera.

“Pemkot Palu berharap dari penataan dan pengembangan kawasan Palu Plaza. Karena itu seminar hasil ini menjadi media kepada kita sekalian untuk menyampaikan masukan, kritik, saran, dan perbaikan”ucapnya.

Baca Juga :  Kurangi Disparitas Wilayah, Sekretariat DPRD Sulteng Gelar Workshop Kerjasama Daerah

Dengan begitu penataan dan pengembangan Palu Plaza lebih baik, lebih maksimal, dan mampu mengakomodir kebutuhan dari berbagi macam lapisan masyarakat.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Balitbangda dan tim ahli kajian penataan dan pengembangan kawasan palu plaza atas kerja keras dan kerja cerdasnya dalam menghimpun data, informasi,”papar Imran.

Peneliti Ahli Muda Balitbangda Kota Palu Haryanto Franklin Sengke, menyebutkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah mendukung misi dan program kerja Pemkot Palu. Harapannya kajian ini menghasilkan rekomendasi pola penataan dan pengembangan Kawasan Palu Plaza.

“Hasil kajian ini diharapkan menghasilkan dokumen yang berisi rekomendasi pola penataan dan pengembangan Kawasan Palu Plaza yang nantinya akan dijadikan acuan bagi Pemerintah Kota Palu melalui perangkat daerah teknis”pungkasnya(**)

Pos terkait