Komisi IV DPRD Sulteng Korkom di Dinsos Tolitoli

Foto bersama Anggota Komisi IV DPRD Sulteng dan Kepala Dinas Sosial Tolitoli beserta jajarannya, Kamis 17 November 2022 di Kantor Dinas Sosial Tolitoli (Foto:Humas Sekretariat DPRD Sulteng)

TOLITOLI,CS – Anggota Komisi IV DPRD Sulteng  Moh Faisal Lahadja, Fairus Husen Maskati, dan Ibrahim A Hafid, melaksanakan kegiatan Koordinasi dan Komunikasi (Korkom) di Dinas Sosial Kabupaten Tolitoli, Kamis 17 November 2022.  Mereka diterima Kepala Dinas Sosial Tolitoli, Farhan Tawil Dg Parebba.

Beberapa poin pembahasan yang mengemuka dalam kunjungan ini antara lain terkait bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng yaitu bantuan dana sebesar Rp1 juta per Kepala Keluarga (KK) tahun 2022. Tahap pertama bantuan telah disalurkan kepada sebanyak 909 KK.  Sementera untuk tahap kedua diperkirakan terealisasi dalam waktu 1 atau 2 Minggu kedepan kepada sebanyak 1.812 KK.

Kemudian bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Faisal Lahadja juga akan mempertanyakan lebih lanjutnya masalah UEP kepada Dinas Sosial Provinsi Sulteng.

Baca Juga :  Gubernur Sulteng Jabat Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sulteng, Vera Ketua Kwarda

Faisal Lahadja menyebut, tiga tahun belakangan anggaran Pokok-Pokok Pikiran (POKIR) ke Dinas Sosial Tolitoli jarang dilakukan lantaran adanya system yang mengikat yaitu Kelompok Usaha Bersama (KUBE) hanya dibatasi pemberian bantuan sekitar Rp20 juta saja.

“Tapi sekali lagi dengan kunjungan kami kemari semoga dapat membuka ruang- ruang batasan ini sehingga bisa didiskusikan kembali lagi, “kataFaisal Lahadja.

Ibrahim A. Hafid dalam kesempatan itu mengatakan untuk mengintegrasikan program kabupaten dan provinsi, maka harus ada penguatan antara pemerintah kabupaten dan provinsi. Dengan harapan semua bermuara pada bagaimana menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan angka kesejahteraan.

Baca Juga :  Rakor Rehab Rekon Pasca Bencana Sulteng, Wamen PUPR : Huntap Harus Tuntas Akhir Tahun ini

Menurutnya hasil diskusi bersama Dinas Sosial Tolitoli bisa menjadi bahan diskusi ditingkat DPRD Provinsi Sulteng bersama dengan Pemerintah Daerah Provinsi.

“Sehingga aspirasi yang muncul pada pertemuan menjadi catatan bagi kami di DPRD Sulteng khususnya anggota dari Dapil Tolitoli dan Buol ini,”ujar Ibrahim Hafid.

Fairus Husen Maskati mengaku bersyukur selama menjabat Anggota DPRD Sulteng  ia bisa terus membantu masyarakat di Dapilnya. Namun  memang ungkap Fairus, terkadang ia kurang komunikasi dengan Kepala Dinas Sosial dan jajarannya. Padahal kata Fairus, ia sangat ingin menjalin silaturahmi agar bisa terjadi sharing informasi. Sehingga dinas sosial maupun masyarakat bisa memanfaatkan wakilnya di DPRD Sulteng.

Menurut Fairus bantuan yang ia gulirkan sekarang tidak  hanya terhadap masyarakat di Dapilnya yakni  Tolitoli – Buol. Melainkan secara lebih luas di 13 kabupaten.

Baca Juga :  Dua Jurnalis Palu Berpulang, Bunda Wiwik Ikut Berbela Sungkawa

“Terkadang di luar Dapil kami juga datang ke kami sehingga sebagai manusia kadang kami lupa. Maka melalui kesempatan ini saya mau bilang kedepan saya berharap teman -teman sekalian, kami membuka ruang komunikasi untuk mempertanyakan apa yang harus kami bantu dan semoga kedepan dinas sosial diharapkan meningkatkan komunikasi,”harapnya.

Kunjungan Anggota DPRD Sulteng menjadi bagi momentum bagi Dinas sosial Tolitoli  untuk meminta fasilitas atau alat pendukung  berupa laptop, perahu karet, kendaraan roda 2 dan 4 untuk operasional pendukung karena Kabupaten Tolitoli sangat rawan bencana.(ADV)

Pos terkait