Kemendagri Setujui Pemekaran Kecamatan Sombori Kepulauan

Ketua DPRD Morowali, Kuswandi menerima surat persetujuan pemekaran Kecamatan Sombori Kepulauan, di Kemendagri, Kamis 12 Januari 2023. (FOTO : channelsulawesi.id)

MOROWALI, CS – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali, Kuswandi mengemukakan bahwa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyetujui pembentukan Kecamatan Sombori Kepulauan, Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Iyah, sejak 06 Januari 2023 persetujuan itu telah ada, dan hari ini, 12 Januari fisik surat resminya telah saya terima dan diserahkan langsung oleh Direktur Administrasi Kewilayahan Kemendagri,” terang Kuswandi, Kamis 12 Januari 2023.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Polres Morowali Gagalkan Penyelundupan 2,295 Kg Sabu dari Medan

Kuswandi menuturkan, tentu ini adalah suatu kehormatan bagi kita semua khususnya masyarakat menui kepulauan yang yang sebelumnya berkehendak membentuk suatu kecamatan baru di wilayah menui kepulauan.

“Harapan itu kini dapat terwujud melalui rekomendasi pembentukan Kecamatan Sombori Kepulauan dan Kecamatan Toili Jaya di Kabupaten Banggai. Dengan Nomor surat: 100.2.4/119/BAK perihal pembentukan Kecamatan di Kabupaten Morowali dan Kabupaten Banggai. Tanggal 6 Januari 2023,” ungkapnya.

Pembentukan Sombori Kepulauan melalui penggabungan 10 (Sepuluh) desa di Kecamatan Menui Kepulauan dan 3 (Tiga) desa di Kecamatan Bungku Selatan di Kabupaten Morowali dan Kecamatan Toili Jaya melalui pemekaran 10 (Sepuluh) Desa di Kecamatan Toili di Kabupaten Banggai.

Baca Juga :  Hadiri Pengukuhan TPPS Bangkep, Tenny : Ini Wujud Komitmen Kita Semua Untuk Menurunkan Stunting

Selanjutnya adalah melakukan permohonan no registrasi Perda di biro hukum Pemrov Suteng dan akan kami ajukan hari ini juga dan ni harus gerak cepat. Setelah itu kami serahkan ke Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Morowali.

“Untuk pengesahannya sekaligus nanti itu yang akan menandai kapan aktivitas pemerintahan dilaksanakan semua kita serahkan ke Pemda,” sambungnya.

Disebutkannya, bahwa masyarakat di wilayah itu berharap ini bisa cepat karena disana ada rentang kendali pemerintahan yang mesti segera diatasi, sesuai tujuannya bahwa pembentukan kecamatan ini adalah untuk memperkuat,  memudahkan atau mendekatkan semua urusan pelayanan pemerintahan.

Baca Juga :  Dari Program CSR, PT IMIP Beri Pelatihan Pertanian Terintegrasi pada Poktan di Bahodopi

“Saya kira selama ini kita semua tahu bagaimana tingkat kesulitan masyarakat kita disana, rentang kendali urusan pemerintahan yang begitu sulit dan pelayanan yang begitu jauh serta biaya tinggi,” ujarnya.

Kuswandi juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam perjuangan pembentukan kecamatan tersebut, itu sangat penting karena dalam mewujudkan Sombori Kepulauan menjadi kecamatan baru bukan perkara mudah ada banyak hambatan-hambatan teknis tapi bisa diatasi. (MRM)

Pos terkait